Mengapa Beberapa Bisnis Gagal Sementara Lainnya Sukses?

- Mei 12, 2019
Mengapa Beberapa Bisnis Gagal Sementara Lainnya SuksesMengapa begitu banyak bisnis yang gagal sementara sangat sedikit berhasil? Ada banyak perjuangan kecil di Indonesia. Tapi realitanya yaitu bahwa hanya sekitar 50% dari mereka bertahan hidup. Yang lebih buruk yaitu bahwa hanya sekitar sepertiga yang bertahan hidup dalam 10 tahun atau lebih. Kehidupan seorang pengusaha tak kenal ampun. Ini merupakan tantangan konstan. Ada banyak belahan yang bergerak. Salah satu dari mereka bisa membuat anda keluar dari bisnis.
"Tidak peduli apa yang dilakukan seseorang, terlepas dari kegagalan atau keberhasilan, pengalaman yaitu bentuk keberhasilan dalam dirinya sendri" Jack Ma, Miliarder Pendiri dari Alibaba.
Bisnis Gagal Karena Berbagai Alasan : Berikut daftar meliputi beberapa alasan paling umum
  • Kurangnya Perencanaan - Ini termasuk jangka pendek dan jangka panjang. Rencana anda harus meliputi mana bisnis yang akan dijalani dalam beberapa bulan ke depan dan beberapa tahun ke depan. Termasuk sasaran yang terukur pada hasil. Rencana yang sempurna akan meliputi spesifik daftar yang harus dilakukan dengan tanggal dan tenggat waktu. 
  • Ketidakmampuan untuk Belajar dari Kegagalan - Kita semua tahu bahwa kegagalan biasanya buruk, namun sangat jarang bahwa pebisnis berguru dari kegagalan. Realistis, bisnis yang gagal, gagal untuk beberapa alasan. Seringkali pengusaha tidak menyadari ihwal kesalahan mereka. Memang berguru dari kegagagalan yaitu sulit.
  • Buruknya Pengelolaan (Management) - Contoh pengelolaan yang buruk yaitu ketidakmampuan untuk mendengarkan, pengelolaan kecil atau kurangnya kepercayaan, bekerja tanpa standar atau sistem, komunikasi yang buruk, dan kurangnya umpan balik.
  • Kurangnya Modal - Hal ini sanggup disebabkan ketidakmampuan untuk menarik investor. Kurangnya modal merupakan tanda yang mengkhawatirkan. Hal ini memperlihatkan bahwa bisnis mungkin tidak sanggup membayar tagihan itu, pinjaman, dan janji keuangan lainnya. Kurangnya modal membuat sulit untuk menyebarkan bisnis dan mungkin membahayakan operasi sehari-hari.
  • Lokasi yang Buruk - Lokasi yang buruk yaitu kerugian yang mungkin terlalu banyak diatasi. Jika bisnis anda bergantung dari trafik, lokasi merupakan kebutuhan strategis. Lokasi yang buruk mungkin membuat biaya akuisisi pelanggan anda terlalu tinggi.
  • Kurangnya Keuntungan - Pendapatan tidak sama dengan laba. Sebagai pengusa anda harus menjaga mata anda pada profitabilitas setiap saat. Laba memungkinkan untuk pertumbuhan bisnis.
  • Manajemen Persediaan yang Tidak Memadai - Terlalu sedikit persediaan yang merugikan penjualan anda. Terlalu banyak persediaan akan merugikan profitabilitas anda.
  • Kurang Fokus - Tanpa fokus pada bisnis, anda akan kehilangan keunggulan kompetitif. Apa yang membuat startup sukses adalah kemampuan mereka untuk dengan cepat berputar, dan kurangnya fokus mengarah pada ketidakmampuan untuk melaksanakan adaptasi yang diperlukan. 
  • Penggunaan Dana Bisnis untuk Pribadi - Rekening bisnis seharusnya dibedakan dari rekening pribadi
  • Faktor Ekonomi Makro - Pengusaha tidak sanggup mengendalikan faktor ekonomi makro. Faktor ekonomi makro umum yaitu - Siklus bisnis, resesi, perang, tragedi alam, utang pemerintah, dan inflasi.
Jika anda serius ihwal menjadi seorang pengusaha, fokuslah pada hal berikut :
  • Membuat Rencana - Semuanya dimulai dengan perencanaan. Kesalahan terbesar banyak pengusaha yaitu tidak menulis planning bisnisnya. Tujuannya yaitu untuk tetap menjaganya tetap konsisten. Jangan memperlakukannya menyerupai bisnis proyek sekolah. Cukup menulis planning bisnis dalam satu atau dua halaman. 
Mengapa Beberapa Bisnis Gagal Sementara Lainnya Sukses Mengapa Beberapa Bisnis Gagal Sementara Lainnya Sukses?

Rencana Bisnis anda harus meliputi sebagai berikut :
  • Nilai-nilai Inti -  Nilai inti yaitu keyakinan dasar anda mengemudi bisnis. Itu harus menjadi panduan prinsip yang harus tetap konstan. Bahkan sebagai perusahaan yang tumbuh dengan bilai-nilai inti harus tetap sama. Nilai-nilai inti juga sanggup berfungsi sebagai kompas moral. Beberapa nilai-nilai yang lebih umum yaitu Integritas, kepercayaan, keunggulan, rasa hormat, tanggung jawab dan kolaborasi tim.
  • Rumusan Misi - Sebuah rumusan singkat yang mendefinisikan mengapa perusahaan anda ada. Alasan perusahaan anda dibangun. Ini menggambarkan sasaran pasar dan jasa/produk yang anda tawarkan. Jika anda telah melaksanakan dengan benar, rumusan misi anda, hanya dalam beberapa kalimat, akan mengkomunikasikan eensi dari bisnis anda dengan bisnis anda dan untuk dunia.
  • Siapa Pelanggan Anda - Jika anda ingin sukses dalam bisnis, anda akan mempunyai defenisi yang terang ihwal pelanggan anda. Ini bukan inspirasi yang abstrak. Ini yaitu sesuatu yang sanggup dinyatakan dalam angka. 
  • Apa Produk atau Jasa anda - Ini kunci untuk mempunyai defenisi yang terang ihwal layanan yang anda tawarkan. Tanpa defenisi yang jelas, anda tidak akan sanggup secara efektif mengembangkan, memasarkan, dan menjual layanan anda.
  • Libatkan Pelanggan Anda dalam Pengembangan Produk - Kebanyakan bisnis yang gagal membuat produk atau jasa tanpa melibatkan pelanggan mereka. Jika anda serius ihwal kesuksesan, anda akan membangun produk anda dengan pelanggan anda. 
  • Bagaimana anda menjual dan memasarkan produk atau jasa anda - Pemasaran dan menjual layanan anda bisa menjadi salah satu tantangan terbesar bisnis anda. Sebuah penjualan dan planning pemasaran yaitu suatu keharusan. Tetapkan tujuan yang terukur. Menciptakan sistem untuk mengelola proses.
Baca JugaPanduan Cara Memulai Bisnis Online Lengkap


Persiapan yang sempurna tidak harus memerlukan 100 halaman planning bisnis formal. Jika anda melaksanakan segalanya untuk benar-benar merencanakan bisnis anda, anda   kesempatan anda untuk sukses. Jangan resah perencanaan dengan menghindari tindakan atau kelumpuhan analisis. 

Tugas tindakan pertama anda yaitu menulis planning bisnis anda. Melengkapi planning bisnis yang akan memberi anda kesempatan untuk memproses inspirasi anda secara detail. Salah satu hal terbaik yang sanggup anda lakukan yaitu untuk mengumpulkan pikiran anda sebelum anda membuat janji aktual untuk memulai bisnis anda. Jika anda tidak agresif menulis planning bisnis anda, itu artinya anda pun tidak agresif atau bersemangat menjalankan bisnis anda dengan baik.

  • Jika anda tidak Mempersiapkan Rencana Bisnis, Antusiasme Awal Anda Akan Memudar dan Anda akan Gagal.
Pada kesudahannya antusiasme tidak cukup untuk berhasil. Dibutuhkan lebih dari itu. Anda perlu melaksanakan riset pasar anda, pesaing anda, kelayakan konsep keuangan anda, dan banyak lagi. Saat anda berjuang melalui pertempuran yang membuat harapan anda menjadi kenyataan, anda harus bisa untuk kembali membaca dan membaca kembali planning bisnis anda. Konsep yang ditetapkan dalam recana bisnis anda akan membantu anda untuk meyakinkan bank biar mengatakan pinjamn yang anda butuhkan, atau untuk memilih taktik pemasaran yang terbaik untuk bisnis. Jangan Emosional ketika anda mempersiapkan planning bisnis anda.

Ingat, anda harus meyakinkan orang lain untuk mendukung inspirasi anda. Bankir, pembeli perusahaan, Investor, kawan dan sejenisnya akan melihat bisnis anda menurut fakta. Keputusan mereka tidak akan didasarkan pada emosi. Ketika membuat planning bisnis tertulis, itu mengatakan diri anda kesempatan untuk berpikir tetang inspirasi secara menyeluruh. Ketika anda menempatkan ide-ide anda secara tertulis, anda cenderung untuk memberi mereka lebih banyak pemikiran. Anda mungkin berpikir menulis planning perjuangan membosankan, atau membuang-buang waktu. Sesungguhnya, itu harus menjadi salah satu proyek yang paling menarik. Anda menulis masa depan anda.
  • Anda Bertanggung Jawab - Banyak bisnis yang gagal lantaran orang-orang memperlakukan mereka menyerupai hobi. Dari hari pertama perlakukanlah bisnis anda sebagai sebuah bisnis. Perlakukan diri anda sebagai karyawan. Tetapkan tujuan yang terukur dan bertanggung jawab. bila anda hanya berencana untuk bekerja dalam bisnis anda dalam beberapa jam semingg, anda tidak bisa mengharapkan hasil yang bagus. Memiliki bisnis sendri membutuhkan fokus dan komitmen. Mendidik diri sendiri ihwal aneka macam pilihan dan teknologi. Jika anda hanya mau bekerja beberapa jam dalam seminggu, jangan berharap mendapat pendapatan lebih dari jam tersebut. Tidak ada jalan pintas.
Pengusaha Bisa Dapat Bertanggung Jawab dengan Beberapa Cara :
  1. Tuliskan tujuan anda. Jaga tujuan anda dan terus tiba kembali pada tujuan itu, setidaknya sebulan sekali
  2. Membangun dewan penasehat 
  3. Bergabung dengan kelompok konsultasi yang sebaya. Anda akan mendapat umpan balik dari sesama pengusaha. 
  4. Cari Pelatih. Cobalah untuk bekerja dengan instruktur yang telah membangun bisnis yang sukses
  5. Mencari Investor
  • Lupakan Ide, Mengambil Tindakan - Anda tidak harus memulai bisnis menurut inspirasi yang bagus. Sebuah inspirasi itu hanyalah sebuah ide. Ini tidak terlalu berharga. Hal itu akan membantu anda sukses dalam bisnis. Ide tidak akan melaksanakan apapun, anda perlu tindakan untuk berhasil. Banyak Entrepreneur yang penuh dengan ide-ide yang tidak pernah menghasilkan tindakan. Pengusaha mengambil tindakan (Baca Juga7 Alasan untuk Mengambil Tindakan pada Ide Bisnis Anda)
Berikut yaitu beberapa cara efektif untuk mengubah inspirasi anda ke dalam tindakan :
  • Percaya bahwa anda bisa melakukannya. Saya tidak bermaksud membodohi diri sendiri menjadi sesuatu, tapi satu-satunya cara anda sanggup membuat itu terjadi bila anda percaya bahwa itu akan terjadi.
  • Menjangkau mentor. Ada banyak orang yang sukse dalam jaringan anda sendiri, dan anda juga sanggup membuat koneksi baru. Menghubungkan dengan tangan kanan mentor, mendengar apa yang diharapkan untuk seorang pengusaha.
  • Meminimalkan risiko, tetapi mengerti bahwa itu tidak sanggup dihindari.
  • Berikan waktu jatuh tempo. Ide yang cepat, tetapi membuat mereka terwujud akan memakan waktu. Ingat hampir semua yang anda lakukan dalam bisnis akan memakan waktu lebih usang dari yang diharapkan.
  • Dapatkan orang lain untuk percaya kepada anda. Pengusaha sukses besar menjual visi mereka. Anda mungkin harus meyakinkan vendor, mitra, tuan tanah, investor, karyawan atau beberapa yang lain.
Bersiaplah untuk Gagal - Jangan takut gagal. Ada satu hal yang pasti, anda akan gagal sebelum anda berhasil. Menemui kegagalan, tapi jangan takut akan itu. Anggap saja sebagai belahan dari normal bisnis anda. Ini membantu anda membuat keputusan yang sempurna di waktu berikutnya. Ini yaitu super penting bahwa anda tidak mengaitkan kegagalan dengan eksklusif berhenti. 

Fokus Pada Pelanggan Anda -  Pelanggan anda menjaga anda dalam bisnis dan membuat anda gulung tikar juga. Jika anda mendengarkan mereka, anda sanggup meningkatkan produk atau jasa. Jika anda mengabaikan, mereka akan memecat anda. Pelanggan tidak hilang, mereka pergi ke pesaing anda. Jangkaulah pelanggan anda. Ajukan pertanyaan pada mereka. Tanyakan apa yang mereka suka dan tidak suka. Jika ada umpan balik negatif, jangan defensif ihwal hal itu. Umpan balik negatif memberi anda kesempatan untuk memperbaiki. (Baca Juga : 7 Rahasia Meningkatkan Loyalitas Pelanggan )

Tetap Menguntungkan - Tetap menguntungkan akan memecahkan banyak masalah. Kurangnya keuntungan bisa membuat gulung tikar dari bisnis bahkan bila anda mempunyai rekor penjualan yang buruk. Lupakan penjualan. Lupakan pendapatan. Lupakan jumlah pelanggan. Selalu berhati-hati dari profitabilitas.

Mengelola Uang - Pengusaha yang gagal sering resah dengan arus kas keuntungan. Keduanya tidak identik. Untuk sukses dalam bisnis, anda tidak hanya perlu arus kas, anda perlu arus kas positif. Dengan arus kas positif terjadi ketika menyalurkan uang ke dalam bisnis anda. Hal ini sederhana namun sering diabaikan. Perusahaan-perusahaan yang mengabaikan tujuan ini dengan arus kas negatif. Hal ini terjadi ketika arus kas keluar lebih besar dari kas masuk anda. Anda dihentikan membiarkan aur kas minus.
Berikut yaitu beberapa cara untuk meningkatkan arus kas anda :
  • Usahakan dibayar di muka, meminta deposito atau pembayaran penuh di muka.
  • Sangat selektif dalam memperlihatkan kredit kepada pelanggan, menghindari bila mungkin.
  • Meningkatkan penjualan anda
  • Menawarkan insentif untuk pembayaran awal
  • Pinjaman kondusif untuk keadaan darurat.
Bencana Bisa Terjadi - Meskipun Warren Buffet mempunyai portofolio untuk mengelola perusahaan. Walaupun ia mempekerjakan CEO dari masing-masing perusahaan untuk mengatasi satu lembar dalam kasus darurat. Lembaran kertas berisi warta ihwal aspek-aspek kunci dari perusahaan. Inti dari satu lembar kertas tersebut yaitu bahwa anda harus siap untuk hal terbutuk. Jika anda ingin berhasil dalam usaha, anda harus mencari tahu bagaimana menghadapi yang tak terduga. Bagaimana bila orang terbaik belahan penjualan berhenti besok? Apakah anda mempunyai sistem yang terang untuk itu?

Sistem sangat penting untuk pulih dari bencana. Prosedur formal. Mengidentifikasi bagian-bagian penting dari bisnis anda dan berpikir ihwal apa yang diharapkan untuk memulihkan kehilangan salah satu karyawan terbaik anda. Sebagai contoh, bila perusahaan anda bergantung pada website e-commerce, kembangkan sistem untuk memulihkan situs dengan otomatis, atau ketika perusahaan hosting anda mengalami cash ketika itu. 
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!