Memilih Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil

- Mei 07, 2019
Waralaba merupakan sistem distribusi produk dengan brand yang sudah diberikan secara hak kepada suatu perusahaan atau individu sehingga barang atau jassa yang diperjual belikannya sudah masuk ke dalam daftar brand yang diangkat. Misalnya saja, perjuangan waralaba kentang goreng KFC, perjuangan waralaba kebab Turki, dan lain sebagainya. 

Waralaba yaitu hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan final dengan pengwaralaba (franchisor) yang memperlihatkan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, mekanisme dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu mencakup area tertentu.

Selain pengertian waralaba, perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan pemberi waralaba dan akseptor waralaba.

  • Pemberi waralaba (franchisor) yaitu tubuh perjuangan atau perorangan yang memperlihatkan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau memakai hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas perjuangan yang dimilikinya.
  • Penerima waralaba (franchisee), yaitu tubuh perjuangan atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau memakai hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
Untuk menjalankan bisnis waralaba dengan modal kecil, Anda memerlukan uang atau modal minimal sebesar 10 juta dampai 1 miliar rupiah, bergantung pada jenis waralabanya dan janji antara Anda dengan pihak pemilik brand waralaba.

Berikut ini yaitu beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dikala Anda menentukan untuk melaksanakan perjuangan atau bisnis waralaba :
  • Lakukan perencanaan terhadap bisnis yang akan dijalankan semoga dapat sesuai dengan sasaran dan tujuan bisnis Anda. Rencana bisnis yang dibentuk ini harus memenuhi apa yang dikatakan sukses oleh diri Anda sendiri atau bahkan oleh orang lain.
  • Targetkan jumlah penjualan per jangka waktu pendek serta per jangka waktu panjang semoga Anda dapat mengetahui seberapa besar Ada mengalami kemajuan dalam bisnis ini.
  • Lakukan praktik berbisnis waralaba ini bersama orang yang memang benar-benar Anda percayai alasannya berbisnis dengan orang yang tidak dikenal akan lebih memperlihatkan kemungkinan atau risiko kerugian yang besar dibandingkan dengan melakukannya bersama pihak lain yang dipercaya.
  • Jika bisnis ini sudah terlihat akan sukses, maka Anda juga dapat melaksanakan ekspansi jaringan semoga perjuangan Anda dapat lebih dikenal oleh masyarakat atau bahkan dapat memperoleh keuntungan yang berlipat. Jika bisnis waralaba yang dijalankan ini sudah tidak mengecewakan populer dan berkembang dengan sangat baik, pertahankan kualitas barang atau produk yang dijual semoga pelanggan tetap setia terhadap bisnis Anda.
Sumber Artikel : Ayopreneur.com
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!