Kamu Masih Mahasiswa? Ini 6 Tips Kau Dapat Sukses Finansial

- Mei 02, 2019
Saat memasuki tahap menjadi mahasiswa, ada ketakutan tersendiri yang mungkin pernah terfikirkan di benak kau yang sedang menjadi mahasiswa. Apalagi kalau kau yaitu mahasiswa yang sedang merantau di luar kota, jauh dari tempatmu berasal. Aktifitas kuliah yang padat, terkadang menciptakan seorang mahasiswa lupa makan, kurang memperhatikan kesehatannya. Mahasiswa juga selalu identik dengan anak kos yang hanya sanggup makan mie instan dan tiap bulannya hanya mendapatkan uang saku dari orang tuanya.

Melihat keadaan zaman sekarang, tampaknya mahasiswa yang terkesan “hidup susah” ini sudah mulai berkurang. Pasalnya, ada banyak mahasiswa yang ternyata menjalankan kuliah sambil berbisnis atau menyewakan jasa dari keahlian yang dimilikinya. ada juga sebagian mahasiswa yang bekerja paruh waktu, untuk sekedar menghabiskan waktu luang dan menerima uang jajan lebih.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang kalau kau jalankan, sanggup membantu duduk perkara keuanganmu ketika masih menjadi mahasiswa. Seperti apa? Berikut ulasannya:

  • 1. Temukan Rumus Mengatur Uang Bulanan yang Paling Kamu Suka
Pendapatan dan pengeluaran orang biasanya berbeda-beda, sekalipun kau masih menjadi  mahasiswa. Temukan rumus mengatur keuangan “ala” dirimu sendiri yang memang dimengerti dan benar-benar dilakukan. Jika menurutmu cara mengaturnya ini harus mempunyai dua tabungan, maka lakukan saja hal tersebut. jangan lupa untuk selalu mencatat  pengeluaran di tiap bulannya. Jika isinya hanya pemborosan, segera kurangi kebiasaan tersebut.

  • 2. Saat Sekolah Rajin Menabung, Saat Kuliah Harus Lebih Rajin Lagi Menabung
Mungkin ketika masih sekolah dulu kita sering diwajibkan untuk menabung dan berguru menyisihkan uang jajan kita. sebenarnya, semenjak kecil kita diajarkan menabung biar ketika remaja nanti kita semakin rajin menyimpan uang kita. tapi ketika dewasa, adanya teladan hidup yang cenderung boros bukannya menabung yang kita lakukan malah seringnya mengalami duduk perkara keuangan. ketika sudah menjadi mahasiswa, ada baiknya kita harus semakin rajin menabung.

Untuk menabung kita sanggup memanfaatkan forum keuangan menyerupai Bank. Jika perlu, kau sanggup menciptakan 2 rekening sekaligus. Satu untuk menabung dan yang lainya untuk menyimpan uang yang akan dipakai sehari-hari.

  • 3. Pastikan Tidak Berhutang, Sekalipun Sedang Kesulitan
Katakan “tidak” bila ketika mengalami kesulitan keuangan, kau mengambil jalan dengan cara berhutang. Memiliki hutang, baik kepada forum tertentu maupun perorangan, akan memperlihatkan efek yang sama-sama kurang menyenangkan untuk kita. maka dari itu, untuk menghindarinya, selalu maksimalkan tabungan  yang ada.

  • 4. Selagi Masih Muda, Mulailah Belajar Berbisnis
Sekarang ini sudah zamannya seorang mahasiswa mulai merintis perjuangan pertamanya, untuk bekal di masa depan nanti. Hal ini terbukti dengan banyaknya start up bisnis yang pemiliknya yaitu bawah umur muda, bahkan masih berstatus mahasiswa.

Dengan adanya kemauan dan keberanian, serta pemberian dari komunitas dan keluarga, kau juga sanggup mendirikan usahamu sendiri. mulailah dari sekarang, siapa tahu di masa depan nanti kau sanggup menjadi salah satu pengusaha muda yang sukses.

  • 5.Tetap Menghargai Waktu
Sebagai seorang mahasiswa, kau juga jangan melupakan kewajibanmu untuk menempuh pendidikan, alasannya yaitu itu juga salah satu investasi untuk kesuksesan kau di masa depan nanti.

Jika kau tetapkan untuk bekerja selepas kuliah, ada baiknya kau tetap menghargai waktumu dengan tidak terlalu sering menghamburkan uang hasil kerjamu.

  • 6.Merencanakan dan Mencoba Untuk Berinvestasi
Saat ini investasi sudah mulai menjadi gaya hidup sebagian orang yang ingin terjamin masa depannya. Sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya kau juga mulai berencana untuk ikut salah satu investasi yang berdasarkan kau akan menguntungkan. Salah satu tren investasi ketika ini yaitu menabung untuk mendapatkan emas. Kamu sanggup mencoba cara investasi ini.

  • 7. Miliki Motivasi yang Tinggi Untuk Sukses Finansial

Selain beberapa trik di atas, kau juga harus selalu mempunyai motivasi di dalam diri kau untuk sanggup sukses secara financial walaupun masih menjadi seorang mahasiswa. Dengan adanya motivasi ini, kau akan ada kemauan untuk mulai melaksanakan beberapa hal yang sanggup mengantarkanmu ke gerbang sukses finansial. (Sumber by suara)
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!