Bagaimana Mengelola Arus Kas (Cash Flow) Bisnis Rumahan

- Mei 01, 2019
Perusahaan anda termasuk startup baru, atau bisnis mega besar yang masuk dalam Fortune 500, tetapi tidak akan pernah lepas dari pengelolaan arus kas. Toko kelontong saja punya pembukuan yang terang biar terang terlihat mana modal, dan mana keuntungan. Oleh alasannya itu, demikian juga dengan bisnis rumahan. Sangat penting mengelola cash flow. Arus kas (cash flow) ialah suatu laporan keuangan yang berisikan dampak kas dari acara operasi, acara transaksi investasi dan acara transaksi pembiayaan/pendanaan serta kenaikan atau penurunan higienis dalam kas suatu perusahaan selama satu periode.

Pentingnya mengelola arus kas ialah kita sanggup menganalisa apakah perjuangan rumahan yang kita bangkit punya peluang berkembang, atau sudah mengalami pertumbuhan, dan jikalau belum apakah layak untuk dilanjutkan.

Untuk bisnis rumahan, mengelola arus sangat penting menjaga bisnis anda berjalan. Berikut ialah cara menjaga arus kas anda positif;
  • Meminta Deposit atau DP

Kebanyakan pemilik bisnis mempunyai dongeng horor dikala melaksanakan suatu pekerjaan dengan klien tanpa terlebih dahulu mengambil deposit, kemudian mereka pergi tanpa jelas. Setelah itu terjadi pada anda, anda akan memahami betapa pentingnya uang muka. Uang muka menawarkan anda uang tunai untuk berinvestasi ke persediaan pekerjaan, membayar tenaga kerja outsorcing, dll. Tulislah dalam kontrak anda bahwa deposit tidak sanggup dikembalikan jikalau klien telah menandatangi proyek kerja sama.

  • Memberikan Diskos Untuk Pembayaran Cepat

Semakin besar klien, semakin besar potensi untuk membayar lambat. Tentu pembayaran lambat akan menyakitkan arus kas anda, tetapi berisiko menciptakan mereka murka dengan menuntut pembayaran dengan waktu tertentu. Sebaliknya, tawarkan pada mereka diskon untuk pembayaran dalam jumlah dan waktu tertentu.

Untuk klien yang lebih kecil mendapatkan pembayaran lambat secara terus menerus tapi mungkin tidak cukup besar dimana kehilangan mereka akan secara substansial menggerogoti laba anda, sementara forum yang terlambat membayar dikenakan denda. Hanya perlu di ingat bahwa anda mungkin kehilangan pelanggan dikala anda mengubah korelasi menjadi negatif.

  • Mempunyai Beberapa Cara Pembayaran

Sudah lewatlah hari-hari dikala anda hanya sanggup mendapatkan pembayaran dengan uang tunai dan menghindari biaya kartu kredit. Anda sanggup dibayar lebih cepa dengan mendapatkan pembayaran kartu kredit, mobile, paypal dan pembayaran gampang lainnya.

  • Mengatur Pembayaran

Beberapa proyek cenderung berlarut-larut. Anda ingin menuntaskan dan dibayar tetapi klien atau pelanggan menyeret kaki mereka. Aturlah tanggal dan deadline untuk menjaga proyek bergerak. Jika mereka tidak membayar hingga waktu yang ditentukan, mungkin ada biaya komplemen atau renegosiasi kontrak.

  • Gunakan Perubahan Pesanan

Sepanjang pekerjaan, jikalau pelanggan terus berubah pikiran mereka, yang balasannya keluar dari jalur dan balasannya menciptakan anda biaya restocking atau sewa kembali subkontraktor. Gunakan perintah perubahan dan meminta biaya-biaya tersebut pada pelanggan. 

  • Meminta Pelanggan Membeli Persediaan

Jika arus kas ialah problem besar dan mereka tidak ingin membayar deposit, mintalah pada mereka untuk membeli perlengkapan yang diperlukan dan materi sensiri. Anda mungkin kehilangan markup yang biasanya diambil dari materi tapi itu ialah salah satu cara menghindari kehilangan klien.

  • Jangan Menghabiskan Uang Untuk Yang Tidak Penting

Tampaknya begitu sederhana namun seberapa sering anda membeli sesuatu yang tidak anda butuhkan. Jika perangkat lunak komputer anda bekerja dengan baik dan anda bahkan tidak tahu untuk apa di upgrade ke terbaru, mending tidak membelinya. Sama dengan ponsel atau peralatan kantor lainnya. 

Jika itu meja yang kurang menarik tapi masih sanggup dipakai, tetap gunakan, dan jangan hanya alasannya pesaing anda mempunyai sesuatu yang baru, bukan berarti anda juga harus punya. Pada awalnya belilah yang perlu untuk pekerjaan. Karena itu sanggup menyusul sehabis uang tunai berdatangan. 
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!