7 Faktor Menghipnotis Wawancara Kerja Sukses Untuk Pertama Kalinya

- Mei 09, 2019
Wawancara kerja yaitu suatu proses tahapan dalam seleksi kerja yang melibatkan percakapan antara pelamar/pencari kerja dengan pihak perwakilan dari satu perusahaan yang anda mempekerjakan untuk melihat, apakah anda merupakan calon pekerja yang sempurna atau tidak. Sebuah wawancara kerja yang berhasil sering menjadi kunci keberhasilan dalam memperoleh kontrak atau pekerjaan. Keputusan untuk menyewa anda sebagai karyawan sebuah perusahaan didasarkan pada kesan pertama, sehingga anda ingin membuat image yang paling konkret yang kau bisa. Kebanyakan interview berhasil tergantung pada persiapan yang dilakukan sebelum wawancara itu sendiri. 

Lalu Apakah Tujuan dari Wawacara? 
Kenapa harus Interview? Sementara nilai atau IP kita cukup tinggi. Hasil wawancara akan sangat memilih apakah kau merupakan calon karyawan yang sempurna mengisi posisi lowongan kosong tersebut. Secara umum tujuannya yaitu untuk mengetahui potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawan sesuai bidang atau jabatan yang diinginkan. 
  • Mengetahui Kemampuan dan Keterampilan - Pihak perusahaan secara umum harus mengetahui apa sih kemampuan dan keterampilan yang dimiliki seorang karyawan melalui interview. Hal ini sangat memilih keberhasilan seseorang apakah bisa dalam mengemban kiprah yang akan diberikan, melalui beberapa tahap tes.
  • Mengetahui Motivasi Kerja - Pertanyaan ini sering muncul pada pencari kerja. Sebaiknya hati-hati menjawab pertanyaan ini. Apakah anda bekerja hanya sebab honor yang besar atau lainnya.
  • Untuk mengetahui kepribadian pelamar
  • Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak sesuai posisi yang dibutuhkan.

Berikut yaitu beberapa tips pra-wawancara yang sanggup mempersiapkan kau untuk interview yang berhasil :
  • 1) Mempunyai Surat Referensi Yang Terupdate
Dalam wawancara kerja sering dilakukan denga lebih dari satu orang, sehingga perlu salinan resume perhiasan ditangan anda. Tahu di mana perusahaan tersebut berlokasi dan sekitar berapa banyak waktu yang akan membawa anda kesana. Jika posisi yang anda lamar memerlukan itu, bawalah tas dengan surat pengalaman kerja jia anda. Pastikan membahwa lembar surat acuan kerja ter up to date 

  • 2) Kenakan Pakaian yang sempurna untuk Posisi yang anda Lamar
Seharusnya tidak ada noda dalam pakaian anda. Itu harus menjadi pertama kalinya anda kenakan sehabis dicuci. Tunjukkan bahwa kau peduli wacana diri anda dan perusahaan yang ingin dilamar. Dapatkan citra umum wacana orang di posisi yang sama di perusahaan gres tersebut dan menggunakan pakaian ibarat mereka. Melakukan hal ini membuat kesan bahwa kau yaitu salah satu dari tim. 

  • 3) Jangan Merokok atau Minum Sebelum Wawancara
Rokok dan alkohol meninggalkan bacin khas pada tubuh. Anda tidak ingin mengambil kesempatan bahwa pewawancara yaitu seorang non perokok yang sanggup mendeteksi asap rokok dari 10 meter jauhnya. Minum sebelum interview menawarkan kesan bahwa  anda ceroboh dan tidak peduli wacana majikan potensial anda.

  • 4) Tepat Waktu
Ingat pewawancara membuat evaluasi mereka wacana mempekerjakan menurut presentasi yang anda buat dalam wawancara itu. Mereka mencari kualitas yang terbaik sesuai dengan perusahaan mereka, dan akan membuat keputusan mereka tepat. Terlambat untuk sebuah wawancara untuk alasan apapun (kecuali bencana) membuat nada negatif untuk sisapewaatau sempurna waktu.

  • 5) Praktek
Ada beberapa standar pertanyaan yang dipakai oleh pewawancara. Apa kekuatan terbesar anda? Jelaskan situasi dimana anda memecahkan masalah. Mengapa kami harus mempekerjakan anda? Mempersiapkan diri dengan menulis balasan atas pertanyaan-pertanyaan itu dan menghafalnya. Cobalah praktek interview dengan sahabat atau orang yang sudah bekerja. Pastikan teman-teman anda jujur. Itu yaitu salah satu cara melatih kemampuan wawancara anda untuk mengidentifikasi dan memperkuat kelemahan anda.

  • 6) Pelajari wacana Perusahaan
Siapa pemain kunci di perusahaan? Carilah info sebanyak mungkin wacana perusahaan yang anda lamar di website perusahaan atau testimonial diweb lain. Lihat apa yang sanggup anda cari wacana orang yang akan mewawancari kamu. Ketahui apa saja produknya? Hal-hal konkret wacana perusahaa tersebut. 

  • 7) Tahu dan Punya Keterampilan yang Anda Tawarkan
Sambil mempersiapkan untuk wawancara dan melaksanakan praktek interview, anda akan mempunyai kesempatan untuk menemukan apa keahlian anda, apa ciri-ciri unik yang sanggup anda tawarkan kepada perusahaan itu? Sebaliknya, ketahui juga kelemahan anda dan berusaha untuk mengubahnya menjadi kekuatan dan keterampilan. Apakah anda mempunyai keterampilan yang di iklankan untuk pekerjaan yang anda lamar? Karena dengan mengetahuinya akan lebih membuat diri kau lebih percaya diri dan meningkatkan kesempatan kau untuk mendapat pekerjaan.

Berikut yaitu cara menjawab pertanyaan "Kenapa anda menginginkan pekerjaan ini?" yang kami kutip dari Jobsdb.Com - " Tunjukkan Bahwa Posisi yang Kamu Lamar Sejalan dengan Rencana Karirmu". Contoh : “Keinginan terbesar saya yaitu menjadi seorang kepala editor pada sebuah majalah lifestyle. Sebagai lulusan baru, saya sangat mengerti bahwa saya harus melalui proses yang panjang untuk bisa hingga pada posisi tersebut dan saya ingin tetap pada jalan yang saya pilih. Itulah mengapa saya tertarik pada posisi ajudan editor. Saya yakin bahwa banyak kemampuan yang akan saya terima di sini sangat berarti bagi saya dalam mengejar mimpi saya.”

Keberhasilan wawancara ditentukan jauh sebelum anda berhadapan dengan majikan yang potensial. Penyusunan dan penyajian diri dalam cahaya terbaik yaitu kunci untuk membuat kesan pertama yang terbaik dan mendapat pekerjaan yang kau impikan selama ini.  
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!