5 Poin Kunci Utama Dalam Layanan Pelanggan (Costumer Service)

- Mei 08, 2019
Costumer Service - Setiap orang yang jago dalam sebuah bisnis, mereka akan memberitahu anda bahwa layanan pelanggan yaitu salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memulai usaha. Sayangnya, itu juga sesuatu yang sering dilupakan oleh pengusaha. Tapi, itu tidak harus terjadi pada anda, kan!

Ikuti 5 poin kunci dari costumer service dan persahaan anda sanggup menjadi model bagi orang lain untuk diikuti:
  • 1. Ketersediaan
Salah satu hal yang paling menjengkelkan yaitu harus menunggu waktu yang usang untuk mendapat feedback dari perwakilan layanan pelanggan. Ketika diperlukan lebih dari 2 hari kerja bagi mereka untuk menanggapi email anda, itu sangat mengecewakan. Kecuali anda mempunyai perusahaan dengan call center, anda tentu tidak perlu khawatir wacana pelanggan yang menunggu cukup lama. Tapi, ketika pelanggan meninggalan anda sebuah pesan, anda harus memastikan bahwa anda meresponnya dalam waktu 24-48 jam. Aturan yang berlaku untuk email juga.

  • 2. Tingkat Perhatian
Sebagai perjuangan kecil, anda bisa untuk membayar perhatian ekstra untuk kebutuhan pelanggan anda. Bahkan, layanan pelanggan yang baik yaitu salah satu alasan mengapa orang menentukan untuk melaksanakan bisnis dengan perusahaan-perusahaan kecil. Hal ini sangat penting bagi anda untuk menyadari bahwa faktor besar dalam bisnis anda berkembang yaitu konsumen yang lebih baik daripada perusahaan lain.

  • 3. Tanggung Jawab
sepertinya banyak perusahaan tidak bertanggung jawab atas tindakan mereka lagi. Ini berarti itu yaitu lebih penting daripada sebelumnya untuk membangun reputasi sebagai perusahaan yang baik dan mengakui ketika kesalahan yang dibuat. Para jago bisnis juga beropini bahwa anda harus mengakaui ketika salah. Dan kadang kala bisa juga menyalahkan karyawan anda atas nama pelanggan.

  • 4. Proses
Cara anda menangani pertanyaan pelanggan atau keluhan sangat penting. Anda harus memastikan itu gampang bagi pelanggan anda untuk berhubungan. Saya biasanya merekomendasikan bahwa perusahaan-perusahaan mempunyai kontak di situs web mereka. Hal ini menciptakan dimana pelanggan anda sanggup mengirim email, menelepon, atau mengirim surat.

  • 5. Kualitas
Ingat bahwa satu-satunya cara bagi anda untuk membangun bisnis yang akan berlangsung usang yaitu melalui jadwal layanan pelangan yang solid :
  • Menanggapi pertanyaan pelanggan atau keluhan cepat.
  • Pastikan Anda gampang dihubungi.
  • Kalau bukan untuk pelanggan Anda, Anda tidak akan mempunyai bisnis - sehingga memperlakukan mereka dengan baik.
  • Apa rencana layanan pelanggan ketika Anda terdiri dari?
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!