5 Cara Sederhana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Konsumen)

- Mei 03, 2019
Kita semua pernah menderngar ungkapan "pelanggan selalu benar atau pelanggan yakni raja". Yah, pelanggan yakni jantung dan jiwa dari perusahaan anda. Tanpa mereka, penjualan anda mengering, dan perjuangan akan padam. Kepuasan mereka seharusnya menjadi inti dari segala sesuatu yang anda lakukan. Hal ini sangat penting dalam hari-hari awal startup anda. Pada titik ini, setiap pelanggan sangat penting. Anda sedang membangun perjuangan tahap demi tahap, dan kebahagiaan mereka didapatkan dari keterampilan pemasaran. Pelanggan yakni instansi, lembaga, organisasi ataupun orang yang membeli produk atau jasa perusahaan secara rutin atau berkesinambungan lantaran produk atau jasa yang dibelinya merasa sangat bermanfaat

Pelanggan yang puas akan memberitahu teman-teman mereka dan keluarga wacana pelayanan bisnis dan kepuasan yang mereka dapatkan. Mereka kemudian merekomendasikan kepada orang lain. Mereka juga yang membangun merek anda, dan menumbuhkan loyalitas. Kepuasan mereka dalah prioritas nomor satu anda. jadi, bagaimana tepatnya anda meningkatkan kepuasan? Berikut yakni beberapa teknik patut dicoba dan diuji yang sanggup anda ikuti.

  • SEMPURNA DARI AWAL SAMPAI AKHIR

Salah satu kesalahan terbesar yang dibentuk oleh bisnis yakni ketika pelanggan membeli suatu produk, menganggap itu perjalanan sudah berakhir. Bahkan, ini masih awal! Anda perlu memastikan pengalaman pelanggan yakni tepat sampai ketika mereka mendapatkan produknya. Itu sebabnya seorang profesional logistik dan pelayanan merupakan belahan penting dari administrasi rantai pasokan. Anda perlu menjamin bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan profesional yang tepat ke pintu mereka. Layanan pelanggan tidak berakhir ketika mereka menekan tombol "buy/beli"

  • MENDENGARKAN MEREKA

Dengarkan pelanggan anda, dan mereka akan memberitahu anda segala sesuatu yang perlu anda ketahui wacana bisnismu. Pelanggan anda terus-menerus menunjukkan umpan balik, baik secara sadar dan tidak sadar. Gunakan platform media umum anda untuk terlibat dengan mereka. Dengarkan pikirkan pelanggan, pendapat, dan keluhannya. Apa yang sanggup anda lakukan untuk lebih baik? Produk apa ingin lihat di masa depan? Dengarkanlah mereka.

  • TETAP BERHUBUNGAN

Ingat kita menyampaikan bahwa layanan pelanggan tidak berakhir ketika mereka membeli produk. Yah, itu tidak berakhir ketika mereka menerimanya dengan baik. Setelah ketentuan layanan pertama sangat baik, follow up lagi. Gunakan alamat email mereka untuk tetap berafiliasi secara rutin. Kirim mereka instruksi diskon dan bonus loyalitas. Memberikan mereka layanan pribadi dan tentu berkhasiat bagi pelanggan, bahkan sehabis mereka sudah membeli dari anda.

  • MENGUKUR DAN MONITOR KEPUASAN

Cara terbaik untuk memantau kepuasan pelanggan yakni dengan meminta dari mereka langsung. Setelah setiap pengiriman, gunakan email otomatis untuk meminta pendapat mereka wacana pelayanan yang mereka rasakan. Atau mengirimkan formulis umpan balik di website anda. Jika anda ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, anda perlu tahu dimana berdiri. Kadang-kadang memang menjadi brutal dan jujur! Mereka semua akan mengeluarkan kata-kata yang pernah merasa kecewa dan kurang puas. 

  • MELEBIHI HARAPAN. SETIAP SAAT

Satu lagi pesan yang tersirat terakhir. Selalu melebihi harapan. Selalu delivery tepat waktu. Memberikan pelanggan anda sesuatu yang ekstra. Sesuatu yang tidak mereka duga. Itulah cara yang anda membuat kepuasan nyata. 

Cobalah untuk mengikuti ide-ide ini ke dalam bisnis anda sehari-hari, dan anda akan melihat perbedaan. Semoga Berhasil!
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!