5 Cara Kreatif Memotivasi Karyawan Untuk Lebih Produktivitas

- Mei 09, 2019
Motivasi Bisnis - Kebahagiaan karyawan itu penting. Beberapa survei memperlihatkan kebahagiaan di daerah kerja membuat orang lebih produktif - sekitar 12 % mereka akan lebih produktiv, pada dikala itu. Google sendiri telah menginvestasikan lebih banyak uang demi membuat para karyawannya senang dalam bekerja, dan kepuasan pegawainya telah meningkat sebesar 37%. Intinya yaitu orang melaksanakan lebih baik ketika mereka bahagia.

Menjaga pegawai anda termotivasi yaitu serpihan penting dari bisnis yang sukses. Membayar karyawan dengan upah yang adil yaitu memulai, tapi itu tidak cukup. Ada Faktor-faktor lain termasuk : hubungan baik antara karyawan, pekerjaan yang baik/ keseimbangan hidup, kepuasan dengan pekerjaan, dan pengukuhan atas pekerjaan yang dilakukan. 
Pengertian Produktivitas Menurut :
  • Produktivitas kerja yaitu kemampuan menghasilkan suatu kerja yang lebih banyak daripada ukuran biasa yang telah umum. (The Liang Gie,1981 : 3). 
  • Produktivitas berarti kemampuan menghasilkan sesuatu. Sedangkan kerja berarti acara melaksanakan sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah mata pencahrian (Poerwadarminta, 1984 : 70)
  • Pengertian produktivitas intinya meliputi perilaku mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa kehidupan di hari lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari baik dari hari ini (Sinungan, 1985 : 12)
  • J. Ravianto, dalam bukunya “Produktivitas dan Manajemen“, mengemukakan pengertian produktivitas sebagai berikut :”Produktivitas mengandung arti pengertian perbandingan antara hasil yang ingin dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan 

Baca Juga : BOS : Inilah 9 Cara Meningkatkan Kepuasan Karyawan


Ada dua macam alat pengukuran produktivitas, yaitu :
  • Physical productivity, yaitu produktivitas secara kuantitatif menyerupai ukuran (size), panjang, berat, banyaknya unit, waktu, dan biaya tenaga kerja.
  • Value productivity, yaitu ukuran produktivitas dengan memakai nilai uang yang dinyatakan dalam rupiah, yen, dollar dan seterusnya.
  • (Ravianto, 1986 : 21).
Berikut yaitu enam cara untuk menjaga karyawan anda senang dan memotivasi mereka menuju produktivitas yang lebih baik:
  • Membuat Karyawan Mengenal Tempat Mereka (Tempat Bekerja)
Karyawan anda harus tahu di mana mereka cocok dengan gambar yang lebih besar, dan bagaimana mereka memainkan tugas di sketsa besar. Metrik dan analisis sanggup mengatakan karyawan anda bukti konkret dari seberapa baik mereka dan mendapat pekerjaan  mereka. Misalnya, membuat lingkungan gamified sanggup membantu pekerja anda mengukur prestasi mereka, dalam kaitannya dengan perusahaan dan dalam hubungannya dengan rekan-rekan mereka. 
Gamifikasi yaitu penggunaan dari teknik desain permainan, permainan berpikir dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks. Biasanya gamifikasi berlaku untuk non-game aplikasi dan proses, untuk mendorong orang untuk mengadopsi mereka, atau untuk menghipnotis bagaimana mereka digunakan
Gamification dalam lingkungan tim sanggup lebih efektif daripada mengadu karyawan terhadap satu sama lain dalam permanan. Jika anda memakai tantangan individu, penting untuk menjadi benar-benar transparan wacana semua keunggulan , untuk menjaga semua karyawan pada halaman yang sama. Hal ini sanggup membuatkan biakkan kemarahan dan kebencian jikalau pegawai percaya ada satu atau sekelompok kecil orang-orang yang berada pada laba (merasa diungtungkan). 

Baca Juga : Cara Mengelola Karyawan Bermasalah Pada Usaha Kecil anda
 Beberapa survei memperlihatkan kebahagiaan di daerah kerja membuat orang lebih produktif  5 Cara Kreatif Memotivasi Karyawan Untuk Lebih Produktivitas

  • Redesign Kantor Anda
Jika anda mempunyai cukup anggaran, pertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan di sekitar kantor dalam hal dekorasi dan perabot. Penelitian telah memperlihatkan bahwa warna pada dinding kantor untuk cahaya alami yang tersedia, untuk furniture yang dipakai sanggup menghipnotis produktivitas.

Menurut sebuah studi tahun 2011, warna merah pada dinding kantor sanggup menjadikan duduk masalah dengan fokus. Ini tidak hanya meningkatkan kecepatan reaksi, tetapi juga kekuatan, di tingkat dimana kebanyakan orang tidak menyadarinya. Pada awalnya, ini bisa tampak menyerupai hal yang baik, tetapi biasanya ini menjadikan gangguan dan khawatir, yang sanggup menguras sumber daya mental yang lebih cepat. Penelitian lain mengungkapkan memakai approachcould serba putih membuat kantor merasa lebih menyerupai sebuah rumah sakit, yang terasa lebih menakutkan, yang tidak ideal untuk produktivitas. Alih-alih untuk berani dan cerah, lebih baik menentukan untuk sesuatu yang lebih halus dan tenang. Warna lembut yang tidak keras pada mata sehingga lebih gampang untuk berkonsentrasi. 

Jika lukisan kantor bukanlah pilihan, memanfaatkan warna dimanapun bisa, termasuk biru dan hijau di mana mungkin, sebab warna-warna ini sangat menenangkan.

Jika memungkinkan, biarkan cahaya alami masuk, Setidaknya, mengubah bola lampu kantor memakai sinar matahari. Studi memperlihatkan orang-orang yang bekerja di kantor dengan jendela 173% lebih banyak eksposur cahaya putih selama jam kerja, dan sebagai akhir tidur rata-rata 46 menit per malam dibandingkan dengan mereka yang bekerja di kantor tanpa jendela. Mereka yang bekerja di kantor-kantor tanpa jendela melaporkan skor lebih rendah pada ukuran kualitas hidup, dan hasil yang jelek dengan efisiensi dan kualitas tidur. 

Berinvestasi di furniture ergonomis. Hal ini dikombinasikan dengan penggunaan efektif dari ruang sanggup menyebahkan peningkatkan produktivitas sampai 64 % berdasarkan beberapa penelitian.

Baca Juga : 3 Cara Cari Karyawan Terbaik dan Tepat Untuk Bisnis Kecil Anda

  • Berolahraga 
Penelitian juga memperlihatkan bahwa dengan mendorong karyawan untuk berolahraga saat istirahat  sepanjang hari, ada peningkatan 25% dalam produktivitas secara keseluruhan. Dengan mengatakan daftar latihan kecil dan gampang dilakukan di meja atau di kantor - atau berjalan beberapa putaran di sekitar meja.

  • Menambahkan Tanaman
Tambahkan beberapa tanaman di sekitar kantor, dan mendorong karyawan untuk membawa tanaman mereka sendiri untuk kantor mereka atau bilik. Studi memperlihatkan bahwa menambahkan kehijau-hijauan sedikit di kantor sanggup membantu penurunan stress sementara 12% meningkatkan produktivitas. Plants bekerja untuk memurnikan udara di kantor.

  • Liburan Unlimited
Hal ini belum tentu langkah yang sempurna untuk perusahaan anda, tetapi banyak teknologi membuatnya bekerja. Tapi jikalau tidak bisa unlimited, cobalah setidaknya sekali dalam sebulan untuk membuat  orang yang bekerja pada anda punya kesempatan recharge otaknya supaya fresh. Perusahaan menyerupai Netflix, Twitter, Prezi, InsightSquared, dan The Motley Fool, semua memperlihatkan "unlimited" kebijakan liburan. Tentu saja karyawan tidak bisa mengambil off setengah tahun dan tetap membayar mereka. Peneitian memperlihatkan semakin seseorang terus bekerja, mereka menjadi kurang produktif. 

Karyawan senang merupakan yang produktif, tapi cobalah untuk tidak membuat terlalu banyak perubahan sekaligus. Ini bisa membuat pegawai anda untuk menangani begitu banyak perubahan yang berbeda dalam proses dan kebijakan. Cobalah mengatur pertemuan dengan semua orang untuk mempelajari lebih lanjut wacana perubahan apa yang ingin mereka lihat, dan kemudian melaksanakan yang terbaik untuk membuat mereka bekerja.

Baca Juga : Terlengkap Inilah 21 Tips Untuk Berbisnis Yang Sukses
Kemudian Bambang Kusriyanto mengemukakan bahwa peningkatan produktivitas karyawan sanggup dilihat dalam empat bentuk:
  • Pengurangan sumber dana untuk memperoleh jumlah produksi yang sama.
  • Pengurangan sumber daya sekedarnya untuk memperoleh jumlah produksi yang lebih besar.
  • Penggunaan jumlah sumber daya yang sama untuk memperoleh jumlah produksi yang lebih besar.
  • Penggunaan jumlah sumber daya yang lebih besar untuk memperoleh jumlah produksi yang jauh lebih besar lagi.
Faustino Cardoso Gomes (1997:160) dalam bukunya mengemukakan bahwa produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor : 
  • Knowledge 
  • Skill 
  • Abilities 
  • Attitudes 
  • Behaviour    
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!