12 Tips Sukses Sebagai Freelance

- Mei 02, 2019
Waktu dulu freelance dianggap sebagai karir terakhir seseorang yang bisa dikatakan bukan pekerjaan menjanjikan dan tidak menetap. Namun, penelitian gres memperlihatkan bahwa banyak orang di seluruh negara semakin menentukan pekerjaan lepas. Banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi seorang freelance yang sanggup menghasilkan penghasilan melimpah. Freelance menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang dipilih oleh beberapa orang dengan alasan waktu fleksibel. 

Pada final April lalu, Freelancer menyebutkan bahwa jumlah pekerja lepas di Indonesia terus meningkat. Saat ini, jumlah pengguna yang terdaftar Freelancer.co.id telah meningkat sampai 500.000 orang. Hal ini, kata mereka, memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia menjadi semakin tertarik untuk menjadi pekerja lepas. Itu artinya bekerja sebagai pekerja lepas sangat menjanjikan dan sanggup dijadikan sebagai mata pencaharian menetap. Menjadi seorang freelancer sanggup memperlihatkan banyak sekali macam kemudahan. Modal utama semoga sukses menjadi freelancer selain disiplin tentunya ialah profesionalitas. 

 dianggap sebagai karir terakhir seseorang yang bisa dikatakan bukan pekerjaan menjanjikan 12 Tips Sukses Sebagai FreelanceLalu apakah menjadi seorang freelance profesional itu mudah? Tentu tidak! Seorang pekerja lepas harus benar-benar mengerti pelanggannya, dan mengetahui apa yang mereka inginkan? Jelas, pekerjaan freelance punya banyak kesempatan, asalkan mereka mengambil langkah-langkah sempurna untuk memastikan bisnis sukses. Berikut ialah tujug tips untuk berhasil sebagai freelance di pasar dikala ini;
  • Fokus Pada Website Anda
Saat ini, hampir mustahil untuk melaksanakan perjuangan tanpa terlebih dahulu membangun sebuah situs yang menarik dan user-friendly. Tidak hanya websote berfungsi sebagai wajah publik dari bisnis freelance anda, tetapi juga membantu memastikan klien bisa berafiliasi dengan anda dan meminta layanan anda. Untuk hasil terbaik, investasikan uang dalam memastikan situs web anda terlihat profesional pada kedua desktop dan platform mobile. Selain itu, anda harus berusaha untuk menciptakan situs dengan artikel dan video yang sesuai dengan bidang anda. Kamu bisa juga menambahkan hasil yang pernah dikerjakan di tempat lain. 

  • Bangun reputasi Anda
Sama menyerupai pekerja biasa, sebagai pekerja lepas, reputasi Anda ialah hal yang sangat penting. Bagi Anda yang gres akan memulai karir sebagai pekerja lepas, maka hal pertama yang harus Anda lakukan ialah membangun reputasi Anda

  • Bekerjalan Tepat Waktu
Seorang freelancer pun harus sanggup menuntaskan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang disepakati. Anda harus bekerja bahkan berjuang lebih keras dari biasanya semoga bisa menuntaskan pekerjaan sempurna waktu. Jika tidak sanggup menuntaskan sesuai waktu yang telah disepakati, sebaiknya jujur saja pada klien dan meminta maaf. 

  • Carilah Beberapa Sumber Penghasilan

Ini ialah fakta kehidupan bahwa kerja lepas ada pasang surutnya. Jika anda ingin mempertahankan pendapatan yang relatif stabil, penting untuk melaksanakan diverfisikasi basis klien anda. Dengan mengambil beberapa klien dari banyak sekali ukuran yang berbeda. Selain itu, menjelajahi basis pelanggan yang berbeda sanggup membantu anda mendapatkan keahlian di bidang gres dan berpotensi menguntungkan. Hal ini sangat penting kalau anda berharap untuk membuatkan bisnis anda dalam jangka panjang.

  • Selalu Bersikap Ramah
Sikap ramah pada ialah hal yang perlu dilakukan oleh seorang freelancer. Sebab setiap pelanggan ingin dilayani dengan ramah dan merasa nyaman. Proyek besar ataupun kecil yang diberikan setiap konsumen harus disamakan. Jangan sebab proyeknya kecil, anda menganggap mereka biasanya saja.
  • Memberikan Penawaran Yang Proporsional
Jangan terlalu membanggakan pekerjaan anda sebelumnya di hadapan klien, sehingga anda meminta bayaran yang terlalu mahal. Ingat, pekerja lepas bukan hanya anda, banyak yang punya skill berkeliaran diluar sana. Makara lebih baik memperlihatkan penawaran kolaborasi yang proporsional.

  • Memanfaatkan Sarana Yang Tersedia 
Upgrade komputer yang ada demi memaksimalkan kinerja perusahaan, sebelum bisa membeli komputer yang baru. Jadi, jangan manjadikan kemudahan sebagai alasan untuk maju.

  • Memberikan Diskon Pada Pelanggan Setia
Sekali-kali berilah pecahan harga pada pelanggan yang setia memakai jasa anda. 

  • Minta Saran dan Masukan dari Klien
Jangan sungkan untuk meminta kritik, masukan, serta testimoni dari pelanggan Anda semoga Anda sanggup memperbaiki kualitas pekerjaan Anda nantinya.

  • Berinvestasi di Pemasaran
Walaupun internet telah memungkinkan untuk terhubung dengan klien di seluruh dunia, freelancer masih perlu menempatkan perjuangan dalam memasarkan layanan mereka kalau mereka masih berharap menjadi sukses. Sebelum memasuki dunia kerja mandiri, ialah bijaksaja kalau anda bisa menciptakan daftar sasaran audiens anda. Misalnya anda bisa menghadiri pekan raya dagang dan seminar, memanfaatkan iklan pay per klik, atau mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan meningkatkan secara optimal mesin pencari situs anda. Selain itu, banyak freelance yang beralih ke media umum untuk menciptakan kontak dan membangun hubungan dengan klien potensi dikala ini.
  • Berteman
Salah satu kelemahan dari freelance ialah bahwa anda tidak mempunyai teman-teman kantor, jadi dengan siapa anda akan sanggup bertukar pikiran dan simpati setiap hari? Untuk menebus kekurangan ini, pekerja sanggup berdiri diatas kaki sendiri harus berusaha untuk berteman dengan orang lain dalam industri yang sama. Jika anda tidak tahu para freelance di kawasan anda, anda sanggup bergabung dengan grup online. Tidak hanya sanggup bergabung dengan grup online, sesama freelance juga bisa saling sharing dan saling merekomendasikan.

  • Menyimpan Untuk Asuransi
Jangan lupa dengan kesehatan, kita tidak tahu kapan penyakit itu datang. Makara ada baiknya mempersiapkan diri sebelum itu tiba menyerang tubuh. Bayangkan saja, ketika tidak punya proyek yang artinya tidak ada pendapatan, kita sakit atau masuk rumah sakit. Untuk hasil terbaik, buatlah rekening tabungan untuk asuransi kesehatan dan berinvestasi cukup.

  • Mengatur Batas Kerja
Meskipun penting bahwa freelancer bekerja keras untuk membangun bisnis mereka, itu suatu kesalahan untuk membiarkan klien-klien menginjak anda. Ketika rumah anda juga kantor, anda mungkin termakan untuk mendapatkan telepon dan menjawab email di setiap hari dan setiap jam sampai malam. Jangan hanya ada untuk klien tapi kurang untuk keluarga.
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!