Strategi Menaikkan Harga Produk Tanpa Kehilangan Pelanggan

- April 27, 2019
Strategi Menaikkan Harga Produk Tanpa Kehilangan Pelanggan - Di dalam sebuah bisnis, menaikkan harga tanpa taktik akan menjadi suatu masalah. Salah satu pengaruh dari kenaikkan harga yaitu kehilangan pelanggan dan minimnya peminat. Masih memungkinkan dikala kenaikan harga BBM. Sehingga semua orang mengetahuinya. Faktanya ialah tanpa kenaikan harga BBM pun Anda pun terkadang harus menaikkan harga jikalau Anda ingin perjuangan Anda berkembang dan berekspansi dengan menambah value-added dan layanan kepada konsumen. Meskipun harga yang kompetitif, tidak sepenuhnya menjamin pelanggan akan semakin banyak. Setiap perusahaan tentu siap berkompetisi tetapi perlu kita lihat juga bahwa masih banyak kekuatan dan penemuan yang sanggup dikembangkan selain dari sisi harga produk. Dilihat dari sikap konsumen Indonesia, sebagian besar mereka menentukan untuk membeli produk yang harganya lebih murah dari produk lain, dilema kualitas justru menjadi nomor dua.

Lalu bagaimana cara kita sanggup menaikkan harga tanpa kehilangan pelanggan? Perhatikan tips-tips berikut yang sanggup membantu Anda menaikkan harga produk tanpa kehilangan pelanggan.
  • Naikan Harganya Sekarang.
Anda tidak perlu mengkhawatirkan terlalu banyak alasan untuk menundanya. Coba lakukan kini meskipun margin harga yang dinaikan sangat kecil. Setelah itu lihat respon dari pelanggan. Jika Anda masih takut juga untuk menaikan harganya coba awalnya beri dengan paket tambahan, atau bonus produk yang lain atau dengan komplemen servis yang lebih dari biasanya. Beri juga batasan waktu untuk promo tersebut.

  • Selalu jelaskan laba yang akan pelanggan dapatkan, BUKAN alasan Anda menaikkan harga
Jangan menyalahkan inflasi. Sebaliknya jelaskan kepada pelanggan, kepada konsumen keuntungan-keuntungan yang akan mereka peroleh yaitu komplemen value-added yang akan Anda berikan. Tak ada orang yang mau membayar harga yang lebih mahal tanpa adanya tidak menerima komplemen apapun. 

  • Mensosialisasikan Kepada Pelanggan Terkait Kenaikkan Harga
Konsumen ialah salah satu elemen penting di dalam sebuah bisnis jadi sebisa mungkin untuk melibatkan mereka, apalagi hal ini terkait kenaikkan harga. Jadi, sebelum menaikkan harga ada baiknya mensosialisasikan kepada pelanggan Anda mengenai rencana kenaikkan harga. Hal ini supaya pelanggan Anda sanggup memahami keputusan Anda.

  • Memberikan Penjelasan Kepada Konsumen dengan Jujur
Berikan klarifikasi dengan jujur mengapa Anda menaikkan harga, sanggup alasannya meningkatnya harga materi pokok, naiknya biaya pengiriman dan lain hal. Sebaiknya berikan klarifikasi dengan jujur supaya pelanggan Anda sanggup memahami situasi tersebut. Hal ini akan menciptakan pelanggan Anda tetap loyal dan memperlihatkan value yang besar terhadap merek Anda.

  • Membuat Menu Sesuai Harga
Buatlah hidangan produk dengan menempatkan harga paling mahal di daerah tertinggi, berurutan sampai yang paling murah berada di daerah paling bawah. Biasanya para pelanggan terutama pelanggan yang gres lebih memperhatikan apa yang mereka lihat dibandingkan dengan apa yang Anda bicarakan. Dengan memperlihatkan gosip yang menarik pandangan pelanggan, banyak para pengusaha yang terbukti mengalami peningkatan keuntungan.

  • Munculkan Keunikan Pada Produk Anda
Pada poin ini ditekankan soal keunikan dari produk itu sendiri. Pasalnya, keunikan itu sendiri tidak sanggup dengan gampang kita buat dan pribadi berhasil. Alih-alih laku dan dilirik oleh pasar, bahkan pasar luar negeri, produk buatan kita malah sanggup hanya jadi pajangan saja di rumah.

  • Memberikan Bonus atau Gift
Untuk mensiasati dilema tersebut Anda sanggup memperlihatkan bonus special berupa kupon undian atau sekedar gift. Hal ini dilakukan supaya pelanggan berfikir walaupun ada sedikit kenaikkan, namun laba yang didapatnya lebih banyak.
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!