Pengertian Asuransi Jiwa, Jenis Polis Dan Manfaat Asuransi Jiwa

- April 30, 2019
Asuransi jiwa yakni suatu kontrak perjanjian antara Anda sebagai pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung yang mana perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah nominal uang kalau terjadi risiko janjkematian terhadap pihak pemegang polis asuransi. Terdapat aneka macam macam hal yang sanggup diasuransikan, yaitu Jiwa, Kesehatan, Kepemilikikan dan bahkan anggota tubuh. Setiap nasabah akan membayar premi asunransi setiap jangka waktu tertentu. Asuransi jiwa sangat cocok untuk anda ambil kalau anda merupakan orang yang begitu sayang dengan keluarga anda, hal ini disebabkan lantaran asuransi jiwa sanggup memproteksi/melindungi keluarga kalau sewaktu-waktu ada duduk kasus yang menimpa anda. Tapi perlu dilakukan perencanaan secara cermat sesuai dengan kebutuhan sebelum menentukan produk asuransi jiwa yang akan anda beli semoga manfaat dukungan sesuai dengan produk asuransi itu optimal. Asuransi jiwa ini sanggup dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian finansial yang tidak terduga, yang disebabkan lantaran tertanggung meninggal dunia. 

Menurut Undang–undang No.2 tahun 1992 tanggal 11 Pebruari 1992 perihal Usaha Perasuransian (“UU Asuransi”), Asuransi atau pertanggungan yakni perjanjian antara dua pihak atau lebih dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan mendapatkan premi asuransi untuk memperlihatkan penggantian kepada tertanggung lantaran kerugian, kerusakan atau kehilangan laba yang diharapkan, atau tanggung jawab aturan kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu insiden yang tidak pasti, atau untuk memperlihatkan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Asuransi berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), perihal asuransi atau pertanggungan seumurnya, Bab 9, Pasal 246: "Asuransi atau Pertanggungan yakni suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan mendapatkan suatu premi, untuk memperlihatkan penggantian kepadanya lantaran suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan laba yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya lantaran suatu insiden yang tak tertentu.”


Jenis-jenis polis asuransi jiwa
Asuransi jiwa mempunyai macam-macam jenis produk, yang dimana masing-masing jenis produk itu mempunyai manfaat yang berbeda-beda. berbgai jenis produk asuransi jiwa ini bertujuan untuk melayani macam-macam kebutuhan, kemampuan, dan daya beli masyarakat.

Asuransi Jiwa Berjangka (Term) 
  • Asuransi Jiwa Berjangka yakni suatu kebijakan yang paling sederhana dan yang paling murah. Polis ini biasanya diambil untuk jangka waktu tertentu, contohnya antara 10, 20 atau 30 tahun. Tujuannya yaitu untuk menyediakan kebutuhan temporer, contohnya menyerupai pendidikan anak, rumah, pembayaran hipotek, dan sebagainya. Jenis-jenis dari produk ini cocok untuk kau yang mempunyai kebutuhan untuk biaya asuransi yang besar, akan tetapi hanya mempunyai daya beli yang terbatas.
Jika Anda menentukan asuransi jiwa ini, beberapa manfaatnya adalah:
  • Anda sebagai pemegang polis mendapatkan kebebasan dalam menentukan besarnya premi sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Uang pertanggungan yang bisa Anda peroleh sebagai pemegang polis bisa mencapai angka miliaran rupiah. Artinya, kalau tertanggung meninggal dunia dikala masa kontrak masih aktif, maka keluarga tertanggung akan mendapatkan uang pertanggungan yang cukup besar.
Sementara itu kekurangan dari asuransi jiwa jenis ini adalah:
  • Tertanggung bisa kehilangan uang premi yang sudah dibayarkan atau premi hangus begitu kontrak selesai apabila tidak mengalami duduk kasus kesehatan maupun meninggal dunia hingga masa kontrak selesai tersebut.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life) 
  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup yakni satu jenis dasar Asuransi Jiwa Permanen yang memperlihatkan perlindungan asuransi seumur hidup untuk seseorang. Kalau kau ingin manfaat yang lebih dari sekedar santunan kematian, ataupun kau yang menyukai wangsit tabungan jangka panjang. Kalau kau menginginkan perlindungan jiwa sekaligus memilikii tabungan untuk kebutuhan darurat, contohnya menyerupai biaya tagihan rumah sakit. Ataupun, kalau kau ingin mendapatkan pertumbuhan modal investasi, kau sanggup mempertimbangkan membeli polis asuransi ini. Akan tetapi bersiaplah untuk membayar premi yang lebih tinggi, dari pada Asuransi Jiwa Berjangka.
Keuntungan dari asuransi jiwa jenis ini adalah:
  • Pemegang polis dimungkinkan untuk mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan.
  • Apabila Anda sebagai tertanggung tidak sanggup membayar angsuran premi secara berkala, Anda bisa memakai nilai tunai dari premi yang sudah dibayar untuk membayar premi selanjutnya.
  • Premi asuransi yang sudah Anda bayarkan tidak akan hangus kalau tidak ada klaim.
  • Saat kontrak berakhir, uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya.
Sementara itu kekurangannya adalah:
  • Preminya lebih besar ketimbang premi asuransi jiwa berjangka, bahkan bisa mencapai lebih dari dua kali lipatnya. Alasan dari premi yang tinggi ini yakni lantaran angka impian hidup masyarakat Indonesia hanya 65 tahun untuk pria dan 70 tahun untuk perempuan, sehingga kemungkinan klaim asuransi sebelum masa perlindungan berakhir lebih tinggi.
  • Nilai tunai dari total premi yang sudah dibayarkan tidak terlalu besar lantaran bunga untuk asuransi ini biasanya hanya sebesar 4% per tahun, dan angka ini belum dipotong pajak.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment) 
  • adalah suatu jenis dari asuransi jiwa yang memperlihatkan 2 laba sekaligus. Manfaatnya yang pertama berupa penerimaan sejumlah uang pertanggungan kalau tertanggung meninggal dunia/mati, dalam periode waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang kau dibeli. Yang kedua, kalau tertanggung masih hidup dikala jangka waktu berakhir, tertanggung akan mendapatkan semua uang pertanggungan.
Keuntungan dari asuransi jiwa jenis ini adalah:
  • Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa mengklaim polis asuransi jiwa ini sebelum masa kontrak berakhir, contohnya untuk dana pendidikan anak Anda. Namun penarikan dana ini hanya bisa dilakukan sekali dalam jangka waktu beberapa tahun sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat.
  • Jika contohnya Anda sebagai tertanggung masih hidup dikala jangka waktu berakhir, Anda akan mendapatkan seluruh uang pertanggungan.
Sementara itu kekurangannya adalah:
  • Karena jenis asuransi jiwa ini mempunyai dua manfaat, yang menyerupai menggabungkan manfaat asuransi jiwa berjangka dengan asuransi jiwa seumur  hidup, jadi preminya cukup besar, bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya.

Asuransi Jiwa Unit Link 
  • Asuransi jiwa jenis unit link ini menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi, dan paling sering ditawarkan oleh biro asuransi. Jika Anda tertarik berinvestasi namun tidak mengerti perihal investasi dan ingin tetap memastikan jiwa Anda tetap mendapatkan manfaat dukungan dari kematian, Anda bisa menentukan jenis asuransi jiwa ini.
Keuntungan dari asuransi jiwa jenis ini adalah:
  • Anda sebagai pemegang polis tidak hanya mendapatkan jaminan dukungan saja melainkan juga imbal hasil investasi dengan bunga yang cukup tinggi setiap tahunnya.
Sementara kerugiannya adalah:
  • Imbal balik dari investasinya kurang signifikan kalau dibandingkan dengan investasi murni menyerupai saham, pasar uang, atau reksadana. Jika Anda mencari laba yang besar dari investasi, Anda sebaiknya tidak mengandalkan asuransi jiwa unit link.
  • Uang pertanggungan yang akan diperoleh tergolong rendah, terutama kalau investasinya gagal atau hanya menghasilkan laba yang kecil.

Manfaat asuransi jiwa
  • Meminimalisasi risiko yang tidak terduga. Siapapun tidak akan bisa mengantisipasi ataupun menduga terjadinya suatu peristiwa dalam keluarga kamu. Dengan asuransi, dukungan bisa didapat sehingga akan terasa meringankan.
  • Keluarga kau akan lebih terjamin. Kalau sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kepala kau atau keluarga, lantaran ada “dana cadangan” yaitu klaim asuransi yang sanggup digunakan untuk membantu keluarga.
  • Banyak hal-hal yang bisa disiapkan. Seperti pendidikan anak, pengeluaran keluarga bulanan, hingga hingga aneka macam kebutuhan yang sifatnya rutin, bisanya terbantu dengan dana talangan yang sudah disiapkan dari denah asuransi jiwa.
  • Berbagai macam akomodasi memudahkan bisa didapatkan melalui asuransi Jiwa, apalagi kini asuransi jiwa banyak digabung dengan aneka macam macam perencanaan lain yang bisa membantu di saat-saat sulit di masa yang akan datang.
  • Menenteramkan pikiran kau akan masa depan. Khususnya bagi yang menjadi kepala keluarga, adanya asuransi jiwa sanggup menciptakan pikiran lebih tenteram lantaran akan ada dana cadangan kalau terjadi sesuatu kelak. Dan dengan begitu, kerja bisa lebih damai dan juga hasilnyapun akan lebih maksimal.
  • Menabung - Asuransi juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk tabungan dan antisipasi bagi hal jelek yang bisa saja tiba sewaktu-waktu menimpa diri Anda dan keluarga.
  •  Polis asuransi sanggup dijadikan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit.
  • Membantu meningkatkan acara usaha.
Sumber Referensi :
Cermati.com/ Pengertianku.net
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!