Karakter Entrepreneur Sukses Berdasarkan Entrepreneur

- April 24, 2019
Karakter entrepreneur sukses pada umumnya mempunyai hasrat tanggung jawab tinggi, mempunyai dorongan bertumbuh, niat, tekad besar lengan berkuasa dan tahan banting alias tidak cengeng. Seorang entrepreneur yaitu pengusaha yang mempunyai banyak sekali perusahaan tapi mengambil resiko yang besar untuk menjadi entrepreneur. Wirausahawan yaitu seseorang yang mempunyai karakteristik penemuan yang tinggi dengan risiko yang dihadapi atau dibawanya juga cukup tinggi. Kunci utama kesuksesan seorang entrepreneur itu harus disiplin yang dimulai dari diri sendiri. Dengan membiasakan diri untuk disiplin, maka secara tidak pribadi bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan dan mendapat akidah dari para konsumen. Seorang pengusaha sukses selalu mempunyai visi dan misi yang terang dan berusaha menjadikannya sebagai sebuah prestasi yang harus segera diwujudkan. Sebagai seorang entrepreneur, Anda mempunyai tanggungjawab penuh atas kemajuan bisnis yang dijalankan. Kegagalan mungkin sudah menjadi bab dari perjalanan para pengusaha sukses di Indonesia. Namun kegagalan yang mereka alami tidak lantas membuatnya putus impian dan berhenti menjalankan usahanya. 

Berikut yaitu beberapa abjad entrepreneur sukses berdasarkan beberapa pengusaha entrepreneur;

Karakter Entrepreneur Menurut John Kao
    Karakter entrepreneur sukses pada umumnya mempunyai hasrat tanggung jawab tinggi Karakter Entrepreneur Sukses Menurut Entrepreneur
  • Total berkomitmen, menjadi penentu dan melindungi. 
  • Memiliki dorongan untuk mendapat dan bertumbuh. 
  • Berorientasi kepada kesempatan dan tujuan. 
  • Mempunyai inisiatif dan tanggung jawab personal. 
  • Pemecah duduk kasus secara terus menerus. 
  • Memiliki realisme dan sanggup berbicara denan selingan humor. 
  • Selalu mencari dan memakai umpan balik (feedback). 
  • Selalu berfokus pada internal. 
  • Menghitung dan mencari risiko. 
  • Memiliki kebutuhan yang kecil untuk status dan kekuasaan. 
  • Memiliki integritas dan reabilitas. 

Karakteristik Entrepreneur berdasarkan Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarborough 
  • Hasrat akan tanggung jawab (Desire for responsibility)
Para wirausahawan mencicipi tanggung jawab pribadi yang amat dalam terhadap hasil atas perjuangan yang telah mereka mulai. Mereka lebih menentukan sanggup mengendalikan sumber-sumber daya mereka untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sendiri.

  • Lebih menyukai risiko menengah (Preference for moderate risk)
Para wirausahawan bukanlah orang-orang yang mengambil risiko secara sembarangan, melainkan orang yang mengambil risiko yang diperhitungkan.

  • Meyakini kemampuannya untuk sukses (Confidence in their ability to success)
Para wirausahawan pada umumnya sangat yakin terhadap kemampuan mereka untuk sukses. Mereka cenderung optimis terhadap peluang kesuksesan. Mereka cenderung optimis terhadap peluang kesuksesan.

  • Hasrat untuk mendapat umpan balik yang sifatnya segera (Desire for immediate feedback)
Wirausahawan menikmati tantangan dalam menjalankan perusahaan dan mereka ingin mengetahui sebaik apa mereka bekerja dan terus menerus mencari umpan balik.

  • Tingkat energi yang tinggi (High level of energy)
Wirausahawan lebih energik dibandingkan orang kebanyakan. Energi ini merupakan faktor penentu mengingat luar biasanya upaya yang diharapkan untuk mendirikan perusahaan. Kerja keras dalam waktu usang merupakan keharusan bukan selingan, dan hal itu sanggup melelahkan.

  • Orientasi masa depan (Future orientation)
Wirausahawan mempunyai indera yang besar lengan berkuasa dalam mencari peluang. Mereka melihat ke depan dan tidak begitu mempersoalkan apa yang telah dikerjakan kemarin, melainkan lebih mempersoalkan apa yang akan dikerjakan besok. Tidak puas hanya dengan duduk dan bersenang-senang dalam keberhasilannya, wirausahawan sejati tetap berfokus pada masa depan.

  • Keterampilan organisasi (Skill at organizing)
Wirausahawan mengetahui cara mengumpulkan orang-orang yang sempurna untuk menuntaskan tugas. Penggabungan orang dan pekerjaan secara efektif memungkinkan wirausahawan untuk mengubah visi menjadi kenyataan.

Menilai prestasi lebih tinggi daripada uang (Value of achievement over money)
Prestasi sebagai motivasi utama para wirausahawan; uang hanyalah cara sederhana untuk “menghitung skor” pencapaian tujuan (simbol prestasi).

  • Komitmen yang tinggi
Kewirausahaan yaitu kerja keras, dan supaya sukses dalam menjalankan perusahaan, seorang wirausahawan harus mempunyai janji penuh. Para pendiri bisnis seringkali membenamkan diri sepenuhnya dalam perusahaan mereka.

  • Toleransi terhadap ambiguitas
Para wirausahawan cenderung mempunyai toleransi tinggi terhadap situasi yang selalu berubah dan ambigu, lingkungan kawasan kerja kebanyakan dari mereka. Kemampuan untuk menangani ketidakpastian ini sangat penting lantaran para pendiri perusahaan ini akan terus-menerus dituntut mengambil keputusan dengan memakai informasi-informasi gres yang adakala bertentangan yang diperoleh dari banyak sekali sumber yang tidak lazim.

  • Fleksibilitas
Salah satu ciri khas para wirausahawan sejati yaitu kemampuan mereka mengikuti keadaan dengan perubahan undangan pelanggan dan bisnisnya.

  • Keuletan
Hambatan, rintangan, dan kekalahan umumnya tidak menghalangi para wirausahawan bertekad baja menggapai visi mereka.


Karakter Entrepreneur Sukses berdasarkan Bob Sadino 
  • Niat dan Bertekad Kuat - dengan niat dan tekad yang baik dan kuat, Anda akan bisa menjalani segala acara dan mewujudkan segala rencana bisnis yang ada. 
  • Memiliki Kemauan yang Keras - Keberanian mengambil risiko bisnis ini berdasarkan Bob Sadino merupakan abjad dan mental seorang entrepreneur sukses yang sejati.
  • Tahan Banting dan Tidak Cengeng - Menurut Bob Sadino, seorang entrepreneur haruslah orang yang tahan banting dan tidak cengeng lantaran mereka niscaya akan menghadapi banyak problematika dalam menjalani bisnis.
  • Entrepreneur Sukses Selalu Ikhlas dan Bersyukur - Untuk menjadi sukses berdasarkan Bob Sadino pebisnis memang perlu membutuhkan proses yang harus selalu dijalani dengan penuh rasa tulus dan syukur.

Karakter Entrepreneur Menurut Johan Hasan  fasilitator UCEO :
  • Pertama, mereka menetapkan untuk mempunyai visi menjadi seorang Entrepreneur. Mungkin suatu saat di masa lalu, mereka terinspirasi oleh seorang entrepreneur sukses atau mengalami sebuah pengalaman hidup yang menggugah, atau menemukan ide luar biasa yang mempunyai nilai jual. Apapun itu, mereka telah memulai dengan sebuah keputusan untuk masuk dalam dunia bisnis sebagai Entrepreneur. 
  • Kedua, mereka menyebarkan ide kreatif sedemikian rupa sehingga ide tersebut mempunyai nilai pasar yang kita sebut sebagai inovasi. Tidak heran saat kita bertemu dengan seorang Entrepreneur sejati, kita akan bertemu dengan seorang yang kaya akan gagasan. Gagasan yang  berkaitan dengan kebutuhan dan  peluang di pasar, tentunya. Sangat masuk akal jika orang melihat para Entrepreneur sebagai seseorang yang rajin mencari peluang bisnis.
  • Ketiga, mereka mewujudkan ide kreatif tersebut dalam sebuah perjuangan bisnis. Mereka menyebarkan sebuah bisnis model, mengumpulkan banyak sekali sumber kemudian mengkomunikasikan produk dan jasa mereka kepada masyarakat. Apabila terjadi sebuah transaksi, maka itulah momen lahirnya sebuah bisnis. 
  • Keempat, seorang Entrepreneur berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan. Mereka niscaya bukan orang-orang yang takut atau cenderung menghindari resiko, bukan berarti asal mengambil resiko. Mereka akan menciptakan kalkulasi dengan cermat dan berusaha meminimalkan resiko. Resiko yang diambil oleh seorang Entrepreneur tidak hanya resiko dalam hal finansial, tetapi mereka juga mempertaruhkan waktu, reputasi dan menyiapkan diri untuk bekerja keras. Oleh lantaran mereka sadar akan resiko, maka kegagalan dan resiko yang ditanggung bukan lagi menjadi alasan untuk berhenti mencoba.

Sumber Referensi :
https://www.infobisnis.web.id/search?q=karakteristik-entrepreneur
https://www.infobisnis.web.id/search?q=karakteristik-entrepreneur
http://female.kompas.com/read/2010/11/19/13414188/11.karakter.entrepreneur.sukses
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!