Istilah-Istilah Dalam Pengertian Asuransi

- April 29, 2019
Dalam pengertian asuransi, terdapat beberapa istilah yang seringkali membingungkan bagi orang-orang yang gres dalam dunia asuransi. Berikut ini yaitu istilah-istilah dalam pengertian asuransi yang penting untuk diketahui oleh para pengguna asuransi biar tidak mengalami kesulitan ketika bertransaksi dan melaksanakan klaim atas asuransi yang diikutinya.

  • 1. Polis Asuransi
Polis asuransi merupakan surat perjanjian yang berisikan perjanjian asuransi antara penanggung dan pemegang polis. Dalam pengertian asuransi, segala sesuatu yang tertulis dalam polis asuransi harus diperhatikan dan dipahami oleh kedua belah pihak secara seksama. Polis asuransi dalam pengertian asuransi inilah yang nantinya akan dijadikan dasar dalam transaksi dan klaim asuransi.

  • 2. Pemohon (Applicant)
Pemohon atau applicant yaitu orang yang mengajukan permohonan akan sebuah asuransi. Ketika asuransi yang diajukan oleh pemohon telah disetujui, maka berdasarkan pengertian asuransi status pemohon akan menjelma pemegang polis.

  • 3. Pemegang Polis (Policy Owner)
Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, pemegang polis berdasarkan pengertian asuransi merupakan pemegang polis asuransi yang telah disetujui sebelumnya.

  • 4. Tertanggung (Insured)
Tertanggung yaitu orang yang menjadi objek pertanggungan dari asuransi. Sederhananya, berdasarkan pengertian asuransi, tertanggung yaitu orang yang diasuransikan oleh sebuah tubuh asuransi jikalau terjadi suatu hal pada orang tersebut.

  • 5. Penerima Uang Pertanggungan (Beneficiary)
Penerima Uang Pertanggungan atau beneficiary berdasarkan pengertian asuransi yaitu satu atau beberapa orang yang ditunjuk untuk mendapatkan uang pertanggungan ketika terjadi sesuatu terhadap tertanggung. Biasanya, orang yang menjadi beneficiary yaitu anak atau keluarga akrab dari tertanggung.

  • 6. Uang Pertanggungan
Uang pertanggungan berdasarkan pengertian asuransi yaitu nilai uang yang tercantum dalam polis asuransi yang akan dibayarkan oleh penanggung kepada pemegang. Dengan kata lain, uang pertanggungan yaitu “ganti rugi” yang akan dibayarkan ketika terjadi sesuatu terhadap tertanggung.

  • 7. Premi
Premi asuransi berdasarkan pengertian asuransi yaitu jumlah uang yang harus dibayarkan oleh tertanggung selama mengikuti asuransi. Jumlah uang ini telah tercantum dalam polis asuransi dan telah disetujui oleh kedua belah pihak untuk dibayarkan.

  • 8. Nilai Tunai
Nilai tunai berdasarkan pengertian asuransi yaitu sejumlah uang yang harus dibayarkan kepada pemegang polis jikalau polis tersebut dibatalkan sebelum masa asuransi berakhir atau pada ketika tertanggung meninggal dunia. Sama menyerupai premi dan uang pertanggungan, nilai tunai juga telah tercantum dalam polis asuransi yang disetujui oleh kedua belah pihak.

  • 9. Insurable Interest
Insurable interest berdasarkan pengertian asuransi merupakan relasi yang terjalin antara tertanggung dan objek yang diasuransikan oleh tubuh asuransi. Insurable interest berdasarkan pengertian asuransi menyangkut hal-hal yang sangat berpotensi untuk menyebabkan ancaman yang sanggup menyebabkan kerugian finansial bagi tertanggung. (Sumber rujukan artikel by ciputrauceo.net)
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!