Apa Itu Perjuangan Menengah?

- April 24, 2019
Usaha menengah yaitu perjuangan ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau tubuh perjuangan yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bab baik pribadi maupun tidak pribadi dengan perjuangan kecil atau perjuangan besar dengan jumlah kekayaan higienis atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 perihal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah yaitu modalnya cukup besar, peralatan dan sarana daerah sudah cantik dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 hingga 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) yaitu tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi alasannya yaitu menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. 

Baca Juga : 10 Contoh Usaha Kecil Menengah Bidang Kuliner Menguntungkan

Ciri-ciri Usaha Menengah
Sebelumnya orang yang sedang menjalankan usaha/bisnis menengah dan besar harus sudah mempunyai segala persyaratan legalitas diantaranya yaitu:
    Usaha menengah yaitu perjuangan ekonomi produktif yang berdiri sendiri Apa Itu Usaha Menengah?
  • Izin kepada ketuan Rt setempat, izin kepada desa.
  • Izin terhadap tetangga, izin usaha, izin tempat, dalam upaya menerapkan pengelolaan lingkungan.
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) , dsb.
Kriteria Usaha Menengah yaitu sebagai berikut:
  • Memiliki kekayaan higienis lebih dari Rp 500 juta hingga dengan paling banyak Rp 10 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan daerah usaha; atau
  • Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 2,5 miliar hingga dengan paling banyak Rp 50 miliar.
Contoh Usaha Menengah
  • Usaha Pertanian, Perternakan, Perkebunan
  • Usaha Perdagangan (Grosir) Termasuk Expor dan Impor
  • Usaha Dealer Mobil 
  • Usaha Jasa Membuat jasa Alat Transportasi 
  • Usaha Industri Makanan Dan Minuman 
Baca Juga : Ide dan Jenis Peluang Usaha Modal Kecil Laris dan Menguntungkan

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM yaitu sebuah istilah yang mengacu ke jenis perjuangan kecil yang mempunyai kekayaan higienis paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan daerah usaha. 

Keunggulan Usaha Kecil dan Menengah yaitu :
Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) dibandingkan dengan perjuangan besar antara lain :
  • Inovasi dalam teknologi yang dengan gampang terjadi dalam pengembangan produk.
  • Hubungan kemanusiaan yang erat di dalam perusahaan kecil.
  • Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi terhadap kondisi pasar yang berubah dengan cepat dibandingkan dengan perusahaan berskala besar yang pada umumnya birokratis.
  • Terdapat dinamisme manajerial dan peranan kewirausahaan.
Kriteria Usaha Kecil yaitu sebagai berikut:
  • Memiliki kekayaan higienis lebih dari Rp 50 juta hingga dengan paling banyak Rp 500 juta tidak termasuk tanah dan bangunan daerah usaha; atau
  • Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp 300 juta hingga dengan paling banyak Rp 2,5 miliar.
Usaha Kecil yaitu perjuangan ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau tubuh perjuangan yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bab baik pribadi maupun tidak pribadi dari perjuangan menengah atau perjuangan besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: 50 juta - 500 juta, kriteria Omzet: 300 juta - 2,5 Miliar rupiah.

Usaha besar yaitu perjuangan ekonomi produktif yang dilakukan oleh tubuh perjuangan dengan jumlah kekayaan higienis atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari perjuangan menengah, yang mencakup perjuangan nasional milik negara atau swasta, perjuangan patungan, dan perjuangan abnormal yang melaksanakan acara ekonomi di Indonesia.
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!