Apa Itu Dana Darurat? Mengapa Itu Penting?

- April 30, 2019
Dana Darurat! Pentingkah ? Dana darurat yaitu sejumlah uang yang dicadangkan dan dialokasikan terpisah untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya darurat dan tidak terencana. Memang kita sebagai insan tidak sanggup memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh alasannya itu mulai kini siapkan diri dan hal-hal yang dibutuhkan untuk menjaga masa depan anda berjalan sesuai rencana. Misalnya dana darurat yang kadang tidak pernah terpikirkan semenjak sekarang, sehingga ketika terjadi insiden diluar asumsi dan tak terduga barulah menyesal. Dana darurat mempunyai fungsi administrasi risiko terhadap seluruh risiko yang sanggup terjadi dalam jangka waktu yang pendek. Dana darurat yaitu alokasi dana yang seharusnya menjadi salah satu tujuan finansial dasar setiap orang. Dana darurat bukan dana investasi atau dana pendidikan. Masing-masing harus dibentuk terpisah. Semua orang butuh untuk mempunyai dana darurat, renta atau muda, penghasilan tinggi atau rendah, lajang atau menikah. Kesuksesan anda dalam mempunyai dana darurat tergantung kepada seberapa konsisten anda untuk menyisihkan penghasilan secara rutin dan kemampuan anda untuk tidak termakan memakai dana itu untuk keperluan non-darurat.

Dengan dana darurat yang telah sebelumnya dipersiapkan, jikalau suatu hari tiba-tiba ada pemutus korelasi kerja (PHK), keluarga sakit keras yang mengharus biaya banyak. Dana tersebut bisa menanggung biaya hidup sementara mencari pekerjaan baru. Dana darurat ini harus dipisahkan pada rekening tersendiri dan intinya dihentikan dipakai jikalau memang tidak ada kebutuhan yang mendesak. Besaran dana darurat untuk tiap orang tentunya berbeda-beda sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing.

Berikut yaitu beberapa fungsi dari dana darurat;
  • Sakit dan Kecelakaan
Mungkin ketika masih muda, badan juga masih fit dan jarang sakit. Dan bisa menjaga supaya kondisi selalu sehat dan prima. Tapi tetap saja, penyakit dan kecelakaan tidak ada yang bisa menduga. Mengingat biaya rumah sakit tentu tiap waktu niscaya berubah, dan paling sering makin mahal. Maka dengan dana darurat itu anda bisa membiayai semua tanpa harus takut kekurangan uang.

  • Kehilangan Pekerjaan
Bisa saja ketika ini status pekerjaan anda sangat bagus. Tapi, masa depan tidak ada yang bisa memprediksikan. Apakah jabatan dan posisi anda kini bisa tetap bertahan sampai beberapa tahun ke depan? Bisa saja perusahaan melarat atau di PHK. Bukannya bermaksud menakut-nakuti, loh. Tapi kita harus selalu bersiap dengan kemungkinan terburuk, kan? Dana darurat harus ada untuk hal satu ini, paling tidak Anda sudah mempunyai dana cukup untuk menghidupi diri dan keluarga selama beberapa waktu atau bulan sampai kembali menerima pekerjaan. 

  • Memperbaiki Barang, Aset atau Rumah
Bisa saja mobil, rumah atau properti anda mengalami kerusakan oleh hal yang tak terduga. Misalnya rumah hancur alasannya tragedi alam, peralatan teknologi menyerupai kulkas, tv, ac, laptop rusak dimana harus segera diperbaiki demi mendukung acara sehari-hari. Jadi, dana darurat itu bisa dipergunakan tanpa harus berpikir keras untuk mencari pinjaman. 

Kebutuhan Dana Darurat setiap individu atau keluarga berbeda-beda tergantung dari kondisi perorangan atau keluarga tersebut. Dana Darurat sebaiknya ditempatkan pada produk keuangan yang bisa dengan gampang dan cepat diambil serta aman. 
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!