Apa Itu Dagang?

- April 25, 2019
Dagang yaitu suatu aktivitas yang dilakukan seseorang, kelompok atau organisasi tertentu yang berafiliasi dengan membeli dan menjual barang untuk memperoleh keuntungan/laba. Dagang bukanlah bisnis namun bisnis sudah niscaya ada dagangnya. Kalau dagang niscaya cepat menerima untung namun kalo berbisnis belum tentu pribadi mendapatkan untung. Cara sukses berdagang bagi pemula sanggup dimulai dengan menerapkan prinsip taktik promosi sepanjang masa yaitu dengan memperlihatkan layanan yang baik  kepada konsemen, ibarat kita tahu bahwa layanan yang cantik dan baik menciptakan konsumen akan kembali lagi kepada anda. Usaha dagang yang paling cocok untuk kita jalankan ialah perjuangan dagang yang sesuai dengan modal yang kita miliki, selain itu barang dagangan yang gampang kita dapatkan juga sanggup menjadi pertimbangan sebelum memulai perjuangan dagang. Perusahaan dagang yaitu perusahaan yang aktivitas utamanya membeli dan menjual barang dagangan tanpa melaksanakan pengolahan barang terlebih dahulu.
Dagang yaitu suatu aktivitas yang dilakukan seseorang Apa Itu Dagang?

Barang dagangan (merchandise) yaitu barang yang dibeli oleh perusahaan untuk dijual kembali.

Sementara Pedagang yaitu orang yang mencari nafkah dengan berdagang (berjual beli/berniaga). Misalnya pedagang asongan yang menjajakan buah-buahan dan sebagainya di dalam kendaraan umum, di perempatan jalan dan sebagainya.

Perdagangan atau perniagaan adalah aktivitas tukar menukar barang atau jasa atau keduanya yang menurut janji bersama bukan pemaksaan.

Pedagang besar yaitu orang, kelompok tertentu yang berjualan secara besar-besaran dengan modal besar. Biasanya pedagang besar sudah kena pajak.

Pedagang kaki lima yaitu yang berjualan di serambi muka (emperan) toko atau di lantai tepi jalan.

Rahasia dagang yaitu isu yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/ atau bisnis dimana mempunyai nilai hemat alasannya yaitu mempunyai kegunaan dalam aktivitas usaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik diam-diam dagang.
  • Rahasia dagang menerima proteksi apabila isu itu:
  • Bersifat diam-diam hanya diketahui oleh pihak tertentu bukan secara umum oleh masyarakat,
  • Memiliki nilai ekonomi apabila sanggup dipakai untuk menjalankan aktivitas atau perjuangan yg bersifat komersial atau sanggup meningkatkan keuntungan ekonomi,
  • Dijaga kerahasiaannya apabila pemilik atau para pihak yang menguasainya telah melaksanakan langkah-langkah yang layak dan patut

Kegiatan Perusahaan Dagang
  • a. Pembelian

Kegiatan pembelian dalam perusahaan dagang mencakup pembelian aktiva produktif, pembelian barang dagangan serta pembelian barang dan jasa lain dalam rangka aktivitas usaha. Pembelian sanggup dilakukan secara kredit maupun secara tunai. Pembelian yang dilakukan secara kredit akan menjadikan utang yang biasanya dicatat dalam akun Utang Dagang.

  • b. Pembayaran

Kegiatan pembelian akan diikuti pembayaran. Kapan pembelian harus dibayar tergantung pada syarat jual beli yang ditetapkan. Selain itu pembelian barang dan jasa, pembayaran sanggup dilakukan untuk keperluan lain, contohnya mengembalikan pinjaman atau membagikan keuntungan kepada pemilik.

  • c. Penjualan

Untuk perusahaan dagang, akun yang dipakai untuk mencatat penjualan barang dagangan disebut penjualan. Penjualan sanggup dilakukan secara kredit maupun tunai. Apabila penjualan dilakukan secara kredit akan menjadikan piutang yang akan dicatat dalam akun Piutang Dagang. Namun kadang kala saat perusahaan menjual barang dagangan juga akan mendapatkan pengembalian barang atau memberi belahan harga. Penerimaan kembali barang yang telah dijual disebut retur penjualan (sales return), sedangkan derma belahan harga disebut pengurangan harga (sales allowances).

  • d. Penerimaan Uang

Penjualan akan diikuti oleh penerimaan uang. Penerimaan uang dari hasil penjualan juga tergantung pada syarat jual beli yang telah disepakati. Selain penerimaan uang dari penjualan, perusahaan mungkin mendapatkan uang dari sumber-sumber lain contohnya setoran modal pemilik, pinjaman dari kreditor atau yang lainnya. (Sumber dari materisma.com)

Perusahaan dagang sanggup dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu:
  • Pedagang besar yaitu pedagang yang kegiatannya membeli barang dalam jumlah yang besar dan menjualnya kembali dengan jumlah yang besar pula.
  • Pedagang menengah yaitu pedagang yang membeli barang dagangan dalam jumlah besar dan menjualnya kembali kepada para pedagang kecil dalam jumlah sedang atau kecil.
  • Pedagang kecil atau retailer yaitu pedagang yang membeli barang dagangan dalam jumlah sedang dan menjualnya kembali kepada konsumen akhir.
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!