5 Hal Yang Sanggup Menyebabkan Relasi Bisnis Jadi Buruk

- April 30, 2019
Berbisnis dengan kawan atau kongsi bisnis ternyata bukan hal yang mudah. Dua orang yang berbeda tentu saja mempunyai cara pandangnya masing-masing. Oleh alasannya itu Anda dan kawan bisnis harus mempunyai toleransi, keterbukaan dan mencari titik temu dalam mengambil keputusan.

Ketika mencari kawan kerja ternyata tidak hanya melihat faktor uang, melainkan faktor lainnya juga. Disadari atau tidak, modal awal saja tidak cukup untuk menjalankan dan membesarkan bisnis. Anda juga perlu mengenai calon kawan bisnis, mengetahui ekspetasi dari masing-masing pihak dan menuliskan dalam bentuk perjanjian (perusahaan berbadan aturan CV atau PT).
Berikut ini 5 hal yang sanggup merusak korelasi bisnis:
  • #1 Komunikasi yang Tidak Baik atau Tidak Lancar

Komunikasi yang tidak lancar ialah sumber keributan dengan kawan bisnis. Dari komunikasi yang tidak lancar, biasanya timbul kesalah pahaman dan saling tidak percaya antara satu sama lain. Bisnis yang baik seharusnya dijalankan dengan komunikasi yang baik dan efektif.  Usahakan semoga sanggup berkomunikasi setiap hari, baik melalui text (email, sms, whatsapp atau aplikasi text), melalui telepon ataupun ketemu langsung.

  • #2 Tidak Profesional

Sikap profesionalitas juga dibutuhkan dalam menjalankan bisnis patungan. Jangan hingga timbul keluhan dan ditangani dengan tidak baik. Contoh
  • Salah satu pihak tidak menguasai topik, sehingga tidak sanggup melaksanakan pekerjaan dengan benar.
  • Salah satu pihak tidak mau upgrade atau menambah pengetahuan terbaru, sehingga kemampuannya tertinggal.
  • Sering menunda pekerjaan dan menyepelekan pekerjaan.
  • Sering tidak sempurna waktu ketika janji
  • dan lain sebagainya.


  • #3 Pembagian Hasil yang Tidak Sesuai Perjanjian

Salah satu sumber keributan ialah ujung-ujungnya duit. Sebaiknya dari awal sudah dijelaskan terlebih dahulu pembagian hasil yang jelas, mana yang termasuk kepemilikan (saham), mana yang termasuk honor bulanan dan mana yang termasuk bonus. Jika perhitungan sudah terang di awal, biasanya korelasi bisnis lebih langgeng.

  • #4. Fenomena “Matahari Kembar” atau “Dua Nahkoda”

Kompetisi diantara para pemimpin perusahaan bukanlah hal yang baik. Istilah kerennya ialah “dua nahkoda dalam satu kapal” atau “matahari kembar”. Untuk mencegah hal tersebut, maka tetap perlu komunikasi, visi dan misi yang jelas. Jika dua orang atau lebih berjalan ke arah (visi dan misi) yang sama, maka korelasi bisnis menjadi lebih baik dan terjadi percepatan dalam bisnis.

  • #5. Ada Pihak Ketiga

Terkadang pihak ketiga ialah tiba dan memperkeruh suasana, dengan cara mengadu pihak yang satu dengan yang lain. Kaprikornus hal yang paling dibutuhkan ialah rasa saling percaya dan keterbukaan antara satu dengan yang lain. Jangan gampang terhasut dengan omongan orang lain.

Mencari Mitra Bisnis dan Membangun Hubungan Bisnis yang Baik Bukanlah Hal yang Mudah

Ada orang yang menyampaikan bahwa mencari kawan bisnis bukanlah hal yang gampang dan memang kenyataannya tidak mudah. Ada mungkin harus bertemu lebih dari 10 orang untuk bisa menemukan 1 orang kawan bisnis yang benar-benar mempunyai visi yang sama. Mencari kawan bisnis sulit, tetapi membangun korelasi dan korelasi bisnis yang baik jauh lebih sulit. Butuh kerjasama, rasa saling percaya, keterbukaan dan toleransi. (Sumber by finansialku.com)
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!