3 Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

- April 27, 2019
Dana pendidikan ialah sumber daya keuangan yang disediakan untuk menyelenggarakan dan mengelola pendidikan. Pendanaan pendidikan ialah penyediaan sumberdaya keuangan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan. Sementara Asuransi pendidikan ialah jenis asuransi jangka panjang yang dapat diambil sehabis anak mencapai usia tertentu dan siap masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Setiap orang tentu ingin mempersiapkan segala hal terbaik bagi anak, termasuk pendidikan. Dengan mengambil asuransi pendidikan berarti Anda menabung sekaligus mengambil asuransi jiwa secara bersamaan. Apabila Anda akan menciptakan prioritas finansial, sebaiknya dana pendidikan didahulukan sebelum tujuan lain. Alasannya, pendidikan tak dapat ditunda, sedangkan bila Anda pensiun dan mengalami kekurangan uang, Anda masih dapat mencoba-coba dari penghasilan lagi.

Berikut ialah cara mempersiapkan dana pendidikan menyerupai dikutip dari Zap Finance - Ayahbunda.co.id
  • a. Tabungan Pendidikan
Ini lebih fokus pada unsur menabung, dan tidak punya fitur jaminan bila Anda tidak mampu meneruskan setoran. Ini sangat mempunyai kegunaan bila anak Anda akan bersekolah dalam jangka waktu kurang dari 2 tahun, namun Anda belum punya modalnya. Namun, jikalau di atas usia itu, return yang diberikan tabungan pendidikan tampaknya tidak mampu menghadapi inflasi pendidikan yang semakin tinggi. Sebaiknya, mulai menentukan instrumen investasi yang tepat.
Tabungan pendidikan, ialah kontrak antara bank dengan Anda sebagai orangtua yang baiklah bank mendebet sejumlah dana secara rutin dari rekening Anda untuk disetorkan ke dalam rekening tabungan pendidikan anak. 
  • b. Asuransi pendidikan
Berbeda dengan tabungan pendidikan yang dapat Anda kelola sendiri, asuransi pendidikan akan fokus pada penggantian uang pertanggungan, serta memperlihatkan fitur pembayaran uang pada periode tertentu. Baca -  6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

  • c. Instrumen Investasi
Pertama, ORI dan Sukuk Ritel. Produk ini cocok untuk Anda yang sudah punya modal untuk biaya sekolah anak 3-4 tahun lagi, dan ingin memeroleh return yang lebih tinggi dari tabungan. Risiko kehilangan modal sangat kecil bila ditahan sampai jatuh tempo. Kedua, logam mulia. Bisa dibeli dengan satuan 1 gram, ini juga cocok untuk Anda yang mempersiapkan dana pendidikan untuk 3-5 tahun lagi. Anda dapat membeli rutin per bulan menyerupai menabung.

Kedua, reksa dana campuran. Pembelian reksa dana yang dapat dimulai dengan Rp500 ribu per bulan, ini cocok untuk kebutuhan dana pendidikan 5-10 tahun lagi.

Ketiga, reksadana saham. Dengan potensi return yang dapat mencapai 20% per tahun, produk ini dapat menghadapi inflasi pendidikan untuk kebutuhan diatas 10 tahun lagi. - Sumber Artikel ayahbunda.co.id
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!