10 Langkah Meningkatkan Merk Anda By Ryan Gondokusumo

- April 27, 2019
Brand merupakan elemen yang menawarkan identitas pada sebuah bisnis apakah itu bisnis gres atau yang sudah eksis sebelumnya. Brand bukan hanya sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan suatu perwujudan image atau persepsi seseorang perihal produk atau perusahaan Anda. Maka dari itu, Anda tidak sanggup menganggap enteng brand, alasannya yaitu merk yaitu aset terpenting yang sanggup dimiliki perusahaan yang menawarkan nilai, membuat diferensiasi dan menawarkan hasil yang sanggup dirasakan jangka panjang.

Untuk meningkatkan merk yang Anda miliki, Anda harus memastikan bahwa merk Anda mempunyai merk awareness yang baik. Brand awareness yaitu salah satu tingkatan di mana merk yang Anda miliki dikenal oleh masyarakat atau sasaran market.

  • 1. Buatlah Desain Logo Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Sebelum Anda membuat merk untuk perusahaan, ada banyak hal yang Anda harus pertimbangkan, menyerupai menyesuaikan tema merk yang ingin Anda buat dengan bisnis Anda. Misalnya perusahaan Anda bergerak di bidang makanan, maka merk yang dibangun harus mencerminkan produk serta image perusahaan yang mencakup layanan yang akan diperoleh pelanggan. Tahap selanjutnya, Anda harus memperhatikan merk elements yang digunakan, menyerupai nama, logo, grafik, bentuk, warna, suara, aroma dan pergerakan.

  • 2. Ciptakan Desain Logo Perusahaan Yang Baik

Bisnis Anda akan terlihat amat profesional di mata pelanggan Anda dengan menggunakan desain logo yang berkualitas, unik, menarik serta gampang diingat. Desain logo yang baik juga akan membuat bisnis Anda menonjol ditengah kompetisi antar merk dengan jenis produk yang sama. Misalnya Starbucks, begitu mendengar merk tersebut, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang yang diciptakan Starbucks. Itulah branding Starbucks.

  • 3. Pilih Alat Marketing yang Sesuai untuk Meningkatkan Brand Anda di Mata Publik

Alat marketing yang pertama yaitu branding melalui website. Saat ini memang hampir segala jenis bisnis perjuangan baik skala besar maupun kecil sudah mempunyai website. Walaupun skala perjuangan Anda kecil namun branding melalui sebuah website menjadi penting alasannya yaitu website yaitu marketing tool yang memang diharapkan untuk meningkatkan dapat dipercaya perjuangan Anda. Dengan website, bisnis yang Anda jalankan sanggup dikenal ditengah sasaran market. Website dikala ini sudah menjadi pintu gerbang masyarakat untuk mengenal bisnis Anda, mengenali produk Anda dan tentunya jadinya berujung pada keputusan pembelian.

Marketing tool yang kedua yaitu menggunakan kendaraan beroda empat branding. Mobil branding atau yang biasa disebut vehicle branding atau branding pada kendaraan menyerupai halnya mobil, bus atau truk merupakan salah satu taktik marketing dengan sasaran market tertentu. Tujuan utama dari taktik marketing ini yaitu untuk membuat pelanggan tertarik dan pada jadinya membeli produk atau menggunakan jasa layanan Anda. Sama menyerupai aktivitas branding lainnya, tentu desain kendaraan beroda empat branding harus menarik semoga sanggup menarik perhatian masyarakat menggingat setiap hari sasaran market Anda dibombardir dengan banyak iklan. Hal yang harus diperhatikan kalau Anda memutuskan untuk menggunakan taktik vehicle branding maka desain branding harus stand out from the crowd yang berarti mempunyai desain yang baik dan sangat mengundang perhatian.

  • 4. Berinteraksi melalui Sosial Media

Tidak sanggup dipungkiri, sosial media serperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Google+ sanggup meningkatkan kualitas kehidupan, khususnya bagi kalangan pebisnis yang menginginkan perkembangan pada bisnisnya dan melaksanakan komunikasi dua arah dengan cepat. Penggunaan sosial media sanggup dipakai sebagai ujung tombak pergerakan aktivitas komunikasi dan pemasaran bisnis yang kini sudah menjadi sebuah kewajiban. Banyak laba yang sanggup Anda raih dengan meningkatkan merk awareness bisnis Anda di sosial media. Keuntungannya melingkupi top of mind, merk recall dan merk recognition. Dengan menggunakan media umum yang sudah tersedia, interaksi Anda dengan publik sanggup tercipta dengan baik.

  • 5. Menggunakan Partnership untuk Membangun Brand Awareness

Berkerja sama dengan partner influencer sanggup meningkatkan merk awareness Anda. Partner yang mempunyai network yang sangat berpengaruh biasanya mempunyai banyak pelanggan yang loyal. Dengan menjalin korelasi yang baik dengan partner Anda, Anda sanggup bertukar pelanggan/subscriber sehingga sanggup menjadi win-win solution bagi kedua belah pihak. Selain itu, partner Anda juga sanggup menjadi media untuk mempublish konten Anda sehingga sanggup dkepada para subscribernya. Partner juga sanggup meningkatkan nilai jual event yang bisnis Anda selenggarakan. Pastikan Anda menentukan untuk berkerja sama dengan partner yang sesuai dengan sasaran market bisnis Anda.

  • 6. Gunakan Blog untuk Meningkatkan Branding Bisnis Anda

Dengan membuat sebuah blog dimana bisnis Anda sanggup menawarkan isu embel-embel dan tidak hanya terbatas dengan apa yang bisnis Anda lakukan, tetapi Anda sanggup menawarkan tips- tips yang mempunyai kegunaan untuk para subscriber Anda. Dengan adanya blog, Anda sanggup menyediakan konten-konten yang menarik untuk subscriber Anda, sehingga akan meningkatkan merk awareness bisnis Anda. Bahkan, melalui blog, Anda juga sanggup mendapat kesempatan bertambahnya pelanggan alasannya yaitu adanya subscriber yang menjadi pelanggan.

  • 7. Ciptakan Pesan yang Membuat Orang Ingin Menyebarkannya

Walaupun pesan marketing ditujukan untuk tujuan komersial namun tentunya tak cukup menawarkan fans Anda pesan yang murni pesan marketing. Pesan marketing yang menarik akan membuat fans mengembangkan dan membuat konten mereka sendiri. Tentu hal ini ada resikonya apalagi kalau pesan marketing tersebut berupa parody. Namun itu semua merupakan elemen daripada sebuah kampanye marketing.

  • 8. Berikan Fans Kesempatan untuk Berpartisipasi

Fans suka menjadi bab dari sebuah event pada merk yang ia sukai. Event menyerupai melemparkan pertanyaan melalui Facebook Page bisnis Anda tentunya juga akan menarik perhatian fans untuk menjawabnya segera. Apalagi mengajak mereka untuk mengklik tombol like di post Facebook Page bisnis Anda untuk memenangkan hadiah dari merk Anda. Tentunya hal tersebut akan sangat menarik perhatian sasaran market Anda.

  • 9. Hargai Superfans Anda

Menjadi fans dari sebuah merk sangatlah mudah, namun yang harus Anda hargai dan perhatikan dengan seksama yaitu superfans anda. Superfans merupakan kelompok orang yang setia mengembangkan dan mempromosikan merk favorit mereka dan membuat free marketing yang tiada batas. Berikan reward untuk mereka berupa hadiah complimentary yang tidak harus mahal namun mempunyai makna tersendiri.

  • 10. Be Consistent!

Bersikaplah konsisten dalam menggunakan aneka macam perlengkapan desain untuk bisnis Anda. Selama Anda menggunakan logo/desain yang konsisten, hal itu sanggup menambah merk awareness terhadap produk Anda. Perubahan pada desain logo/brand bisnis Anda sanggup menghipnotis merk Anda di mata publik.

Meskipun banyak perusahaan-perusahaan besar yang merubah logo mereka, tetapi konsep yang mereka ubah hanya minimalis, menyerupai logo bisnis masakan Wendy’s, mereka hanya mengubah konsepnya sedikit dan tidak begitu berbeda dengan logo lamanya. Ada juga rujukan perusahaan yang dari berdiri sampai kini tidak merubah logonya sama sekali, perushaan tersebut yaitu McDonald, dimana konsep desain logonya konsisten berlambang “M”. (Sumber artikel dari ciputrauceo.net)
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!