10 Jenis Perjuangan Sampingan Untuk Guru

- April 29, 2019
Salah satu jenis perjuangan sampingan untuk guru yaitu membuka bisnis bimbingan berguru atau belajar khusus sebab sesuai dengan profesinya dan sanggup dikerjakan sesudah pulang sekolah. Sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Setelah daerah les berjalan dengan normal, atau murid sudah bertambah banyak. Anda sanggup menggaji guru les lain. Guru yaitu seorang pengajar suatu ilmu. Guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik. Para guru merupakan orang yang paling berjasa bagi dunia pendidikan dan pengetahuan. Sehingga mereka sangat layak disebut sebagai hero tanpa tanda jasa. Peran guru sangat banyak dalam membantu orang bau tanah untuk mendidik dan mengatakan ilmu pengetahuan. Saat ini salah satu persoalan yang sering dihadapi oleh seorang guru yaitu kiprah guru yang mulia tidak sesuai imbalan. Misalnya guru honorer yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dijalani, terlebih yang tinggal di pedesaan. 

Walaupun mereka sebagai guru tetap pun sebagian besar masih mengalami keadaan jauh dari kata cukup atau pantas terkait dengan honor atau imbalan sebagai seorang guru. Masalah yang seringkali dihadapi oleh guru honorer yaitu selain honor pokok yang kecil, sebagian besar guru honorer juga tidak menerima uang donasi yang memadai. Perlu kita ketahui juga bahwa seorang guru honorer tidak menerima uang donasi sehingga honor yang diperoleh sangat kecil. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa solusi atau jalan keluar untuk mengatasi minimnya honor yang diperoleh baik guru tetap maupun guru honorer. Salah satu solusi yang sanggup dilakukan yaitu mempunyai perjuangan sampingan. 

Baca Juga : 8 Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan

Selain itu, mereka juga mempunyai banyak kesempatan untuk punya bisnis sendiri atau perjuangan sampingan. Bekerja sebagai guru yaitu jenis pekerjaan yang mulia dan berjasa sangat besar. Tapi mengingat pendapatan mereka tidak sesuai dengan tuntutan pekerjaan, menciptakan mereka harus mencari pendapatan sampingan selain korupsi. Kaprikornus solusinya yaitu tetapkan menciptakan perjuangan kecil sampingan;

Berikut yaitu dibawah ini dijelaskan beberapa jenis-jenis perjuangan sampingan yang sanggup dijalankan oleh seorang guru;
  • Bisnis Bimbel dan Les Private
Bimbel yaitu suatu daerah yang dibentuk khusus untuk membantu siswa dalam mendalami bahan pelajaran sekolah. Bimbel biasanya diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan pelajaran suplemen selain di sekolah. Tidak ada salahnya kalau Anda membuka suatu daerah les dan bimbingan berguru di luar jam sekolah bagi murid-murid yang menginginkan suplemen jam berguru dan pendidikan. Tapi, anda harus ingat biar selalu adil. Jangan sebab sebagian murid tidak les pada anda sehingga mengurangi nilainya. Atau mengatakan tanggapan soal untuk bawah umur yang les pada anda sendiri. 

  • Menitip Jualan Di Koperasi Sekolah
Anda sanggup memanfaatkan akomodasi sekolah, yaitu melaksanakan kerjasama dengan koperasi sekolah untuk menitipkan produk jualan Anda tersebut. Misalnya produk-produk yang kerajinan tangan yang bernilai bagi siswa. Anda sanggup menitipkan produk-produk di koperasi sesuai dari hobi dan jenis perjuangan apa yang Anda minati.

  • Usaha Kuliner
Anda sanggup mengatakan jasa menyediakan konsumsi untuk acara pertemuan di sekolah daerah mengajar maupun di sekolah lain sebab seorang guru biasanya punya banyak korelasi dan kenal erat dengan rekan-rekan guru lain. Tidak hanya masakan pokok, Anda sanggup menjual makanan-makanan kecil ibarat snack, minuman dan semacamnya.

  • Bisnis Online
Jualan online mempunyai cakupan yang sangat luas, baik bagi pemasaran, pembeli, maupun produk yang ditawarkan. Anda sanggup berbisnis jual beli online, sebagai pengelola website, menjadi penulis, dan banyak sekali bisnis online lainnya. Tentukan perjuangan online sesuai dengan apa yang diminati biar Anda selalu termotivasi mengerjakannya dengan serius.

  • Penulis Buku
Salah satu bisnis yang sanggup dijalani pada waktu luang yaitu menulis buku. Anda sanggup menulis buku wacana ilmu pengetahuan yang telah Anda pelajari, atau mungkin novel, dongeng pendek, menulis di blog, dan lain sebagainya. 

  • Usaha Sampingan dibidang Peternakan
Usaha sampingan ini pun sangat cocok dikerjakan oleh seorang guru. Apalagi kalau benar-benar direncanakan dengan baik dan serius menjalankannya. 

  • Usaha Kerajinan Tangan
Hobi tidak terbatas pada menulis, masih banyak hobi yang lain ibarat membaca, fotografi, menjahit, olahraga dan bahkan melaksanakan kerajinan tangan. Hasil dari kerajinan tangan sangat beragam, semua tergantung dari inspirasi dan penemuan yang Anda miliki untuk menciptakan dan menghasilkan barang tersebut. Kerajingan tangan itu sanggup dijual ke guru-guru yang lain.

  • Usaha Sampingan dibidang Pertanian
Usaha dalam bidang pertanian ini merupakan jenis perjuangan yang bantu-membantu sangat cocok untuk negara kita tercinta ini. Usaha dalam bidang pertanian juga tak selamanya bermodal besar namun juga sanggup dijalankan dengan modal yang kecil tergantung dari jenis tumbuhan apa yang akan kita tanam. Mungkin ini paling cocok bagi guru-guru yang ada di pedesaan, dimana masih tersedia cukup luas tanah. Untuk dijadikan sebagai pertanian ibarat menjual tanaman-tanaman muda. Misalnya sayur-sayuran, jagung, cabai dan lainnya. Karena mengurusnya pun sanggup dikerjakan sesudah pulang sekolah. 

  • Berbisnis MLM Secara Online
Bisnis MLM online yaitu salah satu peluang perjuangan sampingan yang layak diperhitungkan oleh para guru. Salah satu bisnis MLM yang saya rekomendasikan dan sanggup dikerjakan secara online yaitu bisnis MLM Oriflame, Tupperware, dan masih banyak lagi. Pelaku bisnis MLM juga mendapatkan laba dari hasil penjualan jaringan mereka.

  • Jasa Pengetikan dan Translate
Peluang perjuangan ini sanggup dimanfaatkan oleh seorang guru yang ingin menambah penghasilan. Apalagi bagi guru bahasa inggris, sanggup mendapatkan terjemahan bahasa inggris - indonesia dan sebaliknya. Peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan. 
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!